Lebaran CDN

Kabupaten Bangka Dapat DID Rp46 Miliar

Bupati Bangka, Mulkan – Foto Ant

SUNGAILIAT – Pemerintah Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menerima Dana Insentif Daerah (DID) dari pemerintah pusat sebesar Rp46 miliar di 2021. Dana tersebut sebagai upaya mendukung percepatan pembangunan di daerah setempat.

“Tahun 2021, DID yang diterima kami sebesar Rp46 miliar atau lebih banyak dibandingkan sumber anggaran yang sama di 2020, senilai lebih kurang Rp38 miliar,” kata Bupati Bangka, Mulkan di Sungailiat, Rabu (30/12/2020).

Dana transfer pemerintah pusat itu untuk sejumlah pos kegiatan, guna mendukung percepatan dan pemerataan pembangunan daerah yang sudah diprogramkan sebelumnya. “Guna mempercepat penyerapan anggaran dan pelaksanaan pembangunan, awal Januari 2021 sudah mulai dilakukan lelang oleh tim panitia,” tandasnya.

Realisasi kegiatan DID berdasarkan Permenkeu 19/PMK.07/2020 tentang penyaluran dan penggunaan dilakukan pergeseran untuk penanggulangan COVID-19. Dana insentif daerah (DID) adalah bagian dari dana transfer ke daerah dan dana desa (TKDD), yang bersumber dari APBN kepada daerah tertentu.

Pemberian berdasarkan kriteria kategori tertentu, dengan tujuan untuk memberikan penghargaan atas perbaikan dan atau pencapaian kinerja tertentu di bidang tata kelola keuangan daerah. Realisasi kegiatan pembangunan yang bersumber dari anggaran dana daerah, sudah tercapai angka progres rata-rata 98 persen dari total dana yang dialokasikan. “Semua kegiatan pembangunan baik yang sudah dilaksanakan maupun yang diprogramkan lebih diutamakan pada proyeksi kepentingan dan kesejahteraan masyarakat,” pungkas Mulkan. (Ant)

Lihat juga...