Kabupaten Magelang Dilanda Longsor di Dua Titik

Longsor menutup akses jalan Pancar Salaman-Kajoran Kabupaten Magelang, Minggu (13/12/2020) – foto Ant

MAGELANG – Dua kejadian tanah longsor melanda Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Minggu (13/12/2020). Longsor terjadi di wilayah Windusari dan Kajoran, yang sempat dilanda hujan deras.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Magelang, Edy Susanto mengatakan, longsor di Kecamatan Windusari terjadi di Dusun Gedegan, Desa Windusari, sekira pukul 16.00 WIB. 

Hujan dengan intensitas sedang-lebat, mengakibatkan tebing dengan tinggi sekitar enam meter dan panjang sekitar lima meter longsor. “Kejadian longsor tersebut mengakibatkan sebagian akses jalan Windusari-Bandongan tertutup material longsor,” katanya, Minggu (13/12/2020) malam.

Kemudian di Kecamatan Kajoran, longsor terjadi di Dusun Kali Tengah, Desa Banjaretno. Longsor terjadi sekira 16.30 WIB di talud tebing setinggi enam meter dan panjang sekitar lima meter. Material longsor menutup akses jalan Pancar Salaman-Kajoran. Menurut Edy, dua kejadian longsor tersebut tidak mengakibatkan korban jiwa. Dan setelah dikerja bakti oleh sukarelawan bersama masyarakat, akses jalan di kedua lokasi kini sudah bisa dilalui kendaraan.

Selain di Kabupaten Magelang, bencana longsor juga terjadi di Dusun Gombangsari, Desa Jonggolsari, Kecamatan Leksono, Kabupaten Wonosobo. Sebuah senderan sepanjang 15 Meter longsor menimpa kandang kambing.

Danramil Leksono, Lettu Inf Salman mengatakan, setelah kejadian anggota Koramil, Polsek, perangkat desa, dan masyarakat melaksanakan gotong royong menyingkirkan material longsor. “Kami TNI akan selalu hadir dan siap membantu masyarakat oleh karena itu masyarakat jangan segan dan jangan takut untuk segera melaporkan kepada Babinsa apabila ada kejadian di desanya sehingga TNI akan dengan cepat mengambil tindakan,” pungkasnya. (Ant)

Lihat juga...