KAI Daop Jember Wajibkan Tes Cepat Antigen Bagi Penumpang Jarak Jauh

JEMBER, JAWA TIMUR — PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 9 Jember mewajibkan semua penumpang kereta jarak jauh memiliki hasil tes cepat antigen COVID-19 saat menggunakan moda transportasi kereta api menjelang masa libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021.

“Mulai 22 Desember 2020 hingga 8 Januari 2021, penumpang KA jarak jauh di Wilayah Daop 9 diharuskan untuk menunjukkan hasil rapid test antigen yang negatif sebagai syarat untuk naik kereta,” kata Vice President Daop 9 Agus Barkah Nugraha dalam siaran pers yang diterima di Kabupaten Jember, Senin malam.

Menurutnya aturan tersebut sesuai dengan Surat Edaran Satgas Penanganan COVID-19 No. 3 Tahun 2020 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Orang Selama Libur Hari Raya Natal dan Menyambut Tahun Baru 2021 dalam Masa Pandemi COVID-19.

“Juga tertuang dalam Surat Edaran Kemenhub No. 23 Tahun 2020 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang dengan Transportasi Perkeretaapian Selama Masa Natal Tahun 2020 dan Tahun Baru 2021 dalam Masa Pandemi COVID-19,” tuturnya.

PT KAI Daop 9, lanjut dia, mematuhi seluruh aturan protokol kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah dalam rangka mencegah penyebaran COVID-19 melalui moda transportasi kereta api.

“Setiap penumpang KA wajib untuk menerapkan dan mematuhi protokol kesehatan yaitu memakai masker medis (min 3 lapis), mencuci tangan, dan menjaga jarak (3M),” katanya.

Lihat juga...