Kasus Positif Virus Corona di NTT Tembus 2.041 Orang

KUPANG — Dinas Kesehatan Provinsi Nusa Tenggara Timur mencatat terjadi penambahan 29 kasus terkonfirmasi positif COVID-19 sehingga jumlah kasus warga NTT yang terpapar virus corona jenis baru itu telah mencapai 2.041 orang.

“Ada penambahan 29 kasus COVID-19 sehingga jumlah kasus terkonfirmasi positif COVID-19 di NTT sudah mencapai 2.041 orang,” kata Sekretaris Dinas Kesehatan NTT, David Mandala dalam keterangan tertulis di Kupang, Sabtu malam.

Ia menyebutkan berdasarkan hasil pemeriksaan sampel usap tim medis laboratorium biomolekuler RSUD Prof. Dr. W.Z.Johannes Kupang pada 22-23 Desember 2020 terdapat 29 sampel usap dari tiga daerah yang terkonfirmasi positif COVID-19.

David Mandala menyebutkan ada 27 sampel usap dari Kota Kupang terdiri dari laki-laki 12 orang dan 15 orang perempuan dari klaster pelaku perjalanan dari Makassar dan transmisi lokal.

Sementara itu Kabupaten Sumba Timur, Kabupaten Manggarai Barat masing-masing terjadi penambahan satu kasus terkonfirmasi positif COVID-19.

Selain itu, menurut David Mandala, terjadi penambahan pasien sembuh di NTT sebanyak empat orang sehingga jumlah pasien COVID-19 yang dinyatakan sembuh telah mencapai 1.120 orang.

“Pasien COVID-19 memang bertambah tetapi juga diikuti dengan jumlah pasien yang sembuh,” tegas David Mandala.

Ia mengatakan pasien COVID-19 yang sedang dalam perawatan dan karantina saat ini masih 878 orang tersebar di 21 kabupaten/kota kecuali Kabupaten Sabu Raijua.

“Saat ini Kabupaten Sabu Raijua sudah masuk dalam zona hijau karena pasien COVID-19 di daerah itu semuanya sudah sembuh.  [Ant]

Lihat juga...