Kebutuhan Ikan Jelang Tahun Baru di Lamsel, Meningkat

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

LAMPUNG – Kebutuhan ikan yang meningkat saat malam pergantian tahun baru, menguntungkan para pedagang. Aktivitas memanggang, membakar ikan atau barbeque bersama jagung, daging ikut mendongkrak permintaan untuk kegiatan bakar-bakar.

Murwanto, pedagang ikan di Pasar Bakauheni, Lampung Selatan (Lamsel) menyebut, stok ikan laut dan ikan tawar disediakannya.

Pada kondisi normal Murwanto bilang, menyediakan stok ikan jenis lele, emas, patin dua kuintal per hari. Jumlah tersebut lebih banyak dibandingkan hari biasa, hanya mencapai satu kuintal per hari.

Stok tambahan diperoleh dari sejumlah pemilik kolam yang ada di Lampung Timur sebagian asal Jawa Barat. Pasokan ikan yang naik dua kali lipat imbas permintaan masyarakat bertambah.

Dua hari sebelum malam pergantian tahun sejumlah pemasok mengirim ikan dalam kondisi hidup. Stok ikan hidup dari sejumlah pemilik kolam akan ditampung pada bak penampungan.

Ikan air tawar jenis lele, patin, emas dan nila dijual dengan harga Rp20.000 hingga Rp25.000 per kilogram. Sementara jenis ikan gurame dijual Rp45.000 per kilogram. Meski permintaan meningkat ia tidak menaikkan harga.

“Ikan air tawar banyak diminta konsumen yang akan mempergunakannya untuk acara bakar-bakar ikan, stok dua kali lipat kami sediakan untuk warga yang akan menikmati suasana malam pergantian tahun hingga tahun baru dengan permintaan minimal dua kilogram,” terang Murwanto saat ditemui Cendana News, Selasa (29/12/2020).

Sebagian konsumen sebutnya memilih jenis ikan air tawar. Sebab jenis ikan tersebut kerap dijual dalam kondisi hidup. Proses pengiriman ikan air tawar sebutnya kerap menggunakan drum plastik berisi air.

Cara tersebut menjadikan ikan tetap segar ke tangan konsumen yang akan membeli. Ikan akan dibersihkan atau dijual dalam kondisi hidup sesuai keinginan konsumen.

Peningkatan permintaan ikan air tawar sebut Murwanto mempengaruhi omzet penjualan. Semula hanya bisa mendapat ozmet Rp2 juta per hari semenjak stok ditambah ia bisa mendapat stok Rp4 juta per hari.

Stok ikan miliknya disimpan pada kolam terpal. Pasokan ikan lele dan patin air deras terbanyak dipasok dari Cianjur yang dibudidayakan pada keramba sungai.

“Ikan air tawar sistem budi daya keramba sungai memiliki kualitas yang disukai karena lebih bersih dan tidak terlalu amis,” cetusnya.

Selain ikan air tawar, permintaan ikan laut untuk kebutuhan bakar bakar banyak diminati.

Suryana, pedagang ikan laut di Desa Bakauheni, Kecamatan Bakauheni menyebut, menyediakan stok normal sebanyak 1 ton per hari. Namun jelang pergantian tahun ia menambah stok ikan di lemari pendingin (cold storage) sebanyak 2 ton. Ikan yang kerap disiapkan meliputi selad, kembung, talang, tengkurungan, simba.

Ikan simba, salah satu jenis ikan laut yang disediakan oleh Suryana, warga Desa Bakauheni, Kecamatan Bakauheni, Lampung Selatan untuk stok pergantian tahun, Selasa (29/12/2020) – Foto: Henk Widi

Harga ikan laut sebut Suryana, menyesuaikan jenis. Ikan tengkurungan, selar, talang dijual mulai harga Rp24.000 per kilogram.

Sementara jenis ikan tongkol, simba dijual mulai harga Rp35.000 hingga Rp50.000 per kilogram. Ia sengaja tidak menaikkan harga meski permintaan melonjak. Sebab sebagian konsumen merupakan pelanggan tetap dengan permintaan minimal 5 kilogram.

Ardi Yanto, warga Desa Kelawi menyebut membeli ikan dari lapak milik Suryana. Saat hasil tangkapan ikan nelayan sedang berkurang ia bisa membeli ikan dari lapak.

Acara bancakan atau bakar-bakar ikan sebutnya kerap diadakan untuk kebersamaan. Jenis ikan laut dan ikan air tawar yang dibakar kerap hanya disajikan dengan sambal dan lalapan.

Ia tidak kesulitan mencari ikan karena stok yang selalu tersedia di lapak.

Lihat juga...