Kelompok Bersenjata di Nigeria Menculik 400 Siswa Sekolah Asrama

Presiden Nigeria, Muhammadu Buhari, tersenyum saat menyambut sekelompok perempuan Chibok, yang ditangkap tiga tahun lalu oleh kelompok militan Boko Haram, di Abuja, Nigeria, Minggu (7/5/2017) – Foto Dok Ant

ABUJA – Kelompok bersenjata di Nigeria, menculik hampir 400 orang siswa dari sebuah sekolah asrama di Nigeria utara. Serangan terhadap sekolah menengah tersebut terjadi pada pagi hari di Kota Kankara, Provinsi Katsina di sepanjang perbatasan Niger.

Presiden Nigeria, Muhammadu Buhari, mengecam serangan tersebut. Terlebih kejadian penyerangan berlokasi di negara bagian yang merupakan asalnya. Menurut presiden, pasukan keamanan telah mendeteksi kelompok bersenjata yang bersembunyi di hutan. Dan operasi untuk melakukan pencarian dan penyelamatan sudah digelar.

Juru bicara Kepolisian Negara Bagian Katsina, Gambo Isah menyebut, satu petugas terluka selama operasi. Dan pasukan keamanan tambahan akan diterjunkan untuk operasi pencarian dan penyelamatan.

Gubernur Katsina, Aminu Masari, menginstruksikan penutupan seluruh sekolah asrama di negara bagian itu usai terjadi serangan. Penggunaan sepeda motor-pun dilarang di sejumlah negara bagian. Hal itu dikarenakan, dalam beberapa serangan terbaru para pelaku menggunakan kendaraan tersebut. Di kawasan tersebut, sesekali bentrokan kekerasan antara kelompok etnik Fulani dapat disaksikan. Warga di kasawan tersebut sehar-hari berkegiatan beternak hewan, dan bertani. (Ant)

Lihat juga...