Kemenperin Bidik IKM Sumbang 21 Persen Industri Nasional

JAKARTA — Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Gati Wibawaningsih membidik sektor Industri Kecil Menengah (IKM) menyumbang 21 persen terhadap pertumbuhan industri nasional tahun ini.

“Kalau kontribusi IKM bisa sama di 21 persen, kami bersyukur. Ini akan dihitung nanti ya, pada triwulan I tahun depan,” kata Gati dalam konferensi pers yang digelar secara virtual di Jakarta, Kamis (10/12/2020).

Menurut Gati, jika dilihat dari kontribusi sektor IKM terhadap output industri pengolahan nonmigas tiga tahun terakhir, angkanya masih rendah yakni sekitar 20,5 persen pada 2017. Kemudian pada 2019 kontribusi IKM meningkat menjadi 21 persen, di mana angka tersebut dinilai masih rendah.

“Hal ini karena IKM tidak bisa kita dongkrak pertumbuhannya secara besar seperti industri besar, karena memang kalau IKM itu kan segmen pasarnya tertentu, kemudian jumlah produksinya juga bukan massal. Sehingga, kalau dilihat kontribusi IKM terhadap industri pengolahan non-migas itu kecil, tetapi tetap tumbuh,” ujar Gati.

Lihat juga...