Kementan Optimis Kopi Indonesia Jadi Andalan Dunia

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

JAKARTA – Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo menilai, hasil produksi kopi Indonesia merupakan salah satu yang terbaik di dunia, bahkan beberapa di antaranya sudah mulai populer, seperti Kopi Gayo, Toraja, Preanger, Kintamani dan Bejawa.

“Meskipun ada kopi jenis Geisha Panama, Blue Mountain, dan sebagainya, tapi kopi Indonesia memiliki cita rasa tersendiri. Iklim tropis negara kitalah yang membuat produk kopi yang dihasilkan memiliki tingkat keasaman serta aroma yang pas,” ujar Mentan dalam siaran pers yang diterima Cendana News, Senin (28/12/2020) di Jakarta.

Syahrul juga menyatakan, bahwa produksi kopi Indonesia memiliki peluang yang sangat besar, terutama dalam memenuhi kebutuhan pasar ekspor. Hal itu telah dibuktikan oleh Kopi Luwak Cikole Bandung, yang berhasil memasuki pasar Inggris, Italia, Belanda, Jerman, Cina, Jepang, Korea, Uni Emirat Arab, Singapura, dan Malaysia.

“Kita harus menjadikan kopi Indonesia sebagai kopi andalan dunia. Oleh karena itu kita harus persiapkan segala sesuatunya. Mulai dari lahan dan bibit yang lebih ungul, kemudian riset-riset yang baik, begitu juga budi dayanya dan proses lainnya, sehingga kualitas kopi kita semakin terhebat di dunia,” katanya.

Kopi sendiri, sambung Syahrul, sudah menjadi gaya hidup terutama bagi kalangan milenial di Indonesia. Kafe-kafe yang menjajakan kopi mengalami pertumbuhan yang sangat pesat dan penuh oleh kalangan milenial.

Lihat juga...