KKP Salurkan Bantuan Pugar untuk Petambak Garam di Aceh

JAKARTA – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengucurkan bantuan dari program pengembangan usaha garam rakyat (Pugar) senilai Rp1,3 miliar, untuk memulihkan perekonomian usaha yang dimiliki petambak garam rakyat di Aceh.

“Ada 20 kabupaten/kota yang menjadi target untuk penyaluran bantuan usaha pergaraman ini,” kata Plt Dirjen Pengelolaan Ruang Laut KKP, Tb Haeru Rahayu, dalam siaran pers di Jakarta, Senin (21/12/2020).

Menurut Tb Haeru, sesuai arahan Presiden Joko Widodo, kegiatan pugar juga disandingkan dengan program pemulihan ekonomi nasional (PEN). Maka, kegiatan pugar dilaksanakan secara padat karya menyerap tenaga lokal, guna membantu perekonomian masyarakat di masa pandemi Covid-19.

Ia menegaskan, program pugar bertujuan untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas garam rakyat, sekaligus mendukung pencapaian swasembada garam nasional.

Bantuan senilai Rp1,3 miliar itu telah diserahkan secara langsung oleh Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut (BPSPL) Padang kepada tiga kelompok petambak garam di Kabupaten Pidie Jaya, Aceh.

Bantuan yang disalurkan berupa rumah tunnel garam, penataan lahan pendukung rumah tunnel garam, dan sarana prasarana pendukung rumah tunnel.

Lihat juga...