KLHK Didesak tidak Tunda Lagi Revisi UU Konservasi SDA

KARAWANG — Komisi IV DPR mendesak agar Kementerian Lingkungan Hidup tidak menunda lagi pembahasan revisi UU Nomor 5/1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistem yang tertunda selama 17 tahun.

“Sudah jadi tugas Kementerian Lingkungan Hidup untuk memiliki konsistensi menjaga sumber daya alam hayati dan eksositem. Jadi harus mau sama-sama membahas itu,” kata Wakil Ketua Komisi IV DPR, Dedi Mulyadi, dalam sambungan telepon dari Karawang, Jawa Barat, Kamis (10/12/2020).

Ia mengatakan, Komisi IV DPR meminta Kementerian Lingkungan Hidup untuk sama-sama membahas perubahan UU Nomor 5/1990 pada tahun ini dan tidak menundanya tahun depan.

Revisi undang-undang itu sebenarnya sudah diajukan pada 2003, tapi tidak masuk Prolegnas. Kemudian revisi serupa kembali diajukan pada 2018, dan lagi-lagi tidak masuk Prolegnas.

Akibat penundaan yang terlalu lama, katanya, banyak penyesuaian yang harus dilakukan sehingga revisi aturan itu diperlukan demi menjaga dan melindungi sumber daya alam hayati dan ekosistem.

Lihat juga...