Kolaborasi Antarseniman dan Alih Wahana Bisa Dorong Industri Animasi

JAKARTA — Sineas Mira Lesmana dan Riri Riza berpendapat bahwa kolaborasi antarseniman, alih wahana karya sastra ke bentuk kesenian lain, dan mengajak berkarya bersama bisa mendorong geliat industri animasi Indonesia.

“Indonesia punya artist dan animator yang keren-keren. Baru-baru ini kita juga umumkan kita akan dorong divisi animasi kita di Miles Films, dengan proyek ini (‘Tidak Ada New York Hari Ini’) dan ‘Petualangan Sherina’,” kata Mira dalam jumpa pers virtual, Kamis (10/12/2020).

“Banyak animator yang harus di-push, agar kita segera punya film layar lebar dari para animator kita, apapun bentuk dan genrenya,” ujarnya menambahkan.

Sependapat dengan Mira, Riri Riza mengatakan bahwa setelah berkecimpung di proses produksi animasi, membuatnya menyadari bahwa prosesnya cukup panjang untuk berkarya.

Namun, dengan kerja keras tersebut juga menghasilkan karya yang kuat dan lekat dengan penikmatnya.

Lebih lanjut, Riri mengatakan bahwa alih wahana kesenian lain, dalam hal ini seni sastra ke bentuk seni rupa dan audio-visual juga bisa menjadi pemantik para ilustrator dan animator Indonesia untuk berkarya bersama.

Lihat juga...