Kontrol Kesehatan Lansia, Koperasi Tamanmartani Sejahtera Datangi Rumah Warga

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

YOGYAKARTA – Selain fokus di bidang ekonomi, Koperasi Tamanmartani Sejahtera yang merupakan koperasi binaan Yayasan Damandiri selama ini diketahui selalu aktif melakukan pemberdayaan di bidang kesehatan.

Salah satu program di bidang kesehatan yang dijalankan Koperasi Tamanmartani Sejahtera adalah melakukan pemeriksaan rutin terhadap warga Desa Cerdas Mandiri Lestari Tamanmartani, khususnya masyarakat rentan seperti lansia dan balita.

Bekerjasama dengan Puskesmas Kalasan, Koperasi Tamanmartani Sejahtera menggelar pemeriksaan keliling bagi para lansia di sejumlah dusun. Didampingi tenaga medis, yakni bidan desa, pengurus koperasi berkeliling ke rumah-rumah warga untuk memeriksa warga.

Selain mengecek kondisi kesehatan lansia, seperti tensi atau tekanan darah, kolesterol, hingga gula darah, petugas juga memberikan bimbingan atau konsultasi kesehatan gratis bagi warga, termasuk penerapan protokol kesehatan selama masa pandemi Covid-19.

Manajer Umum Koperasi Tamanmartani Sejahtera, Maimunah mengatakan, pemeriksaan kesehatan bagi lansia ini merupakan bagian dari program kemitraan koperasi dengan pihak Puskesmas dalam upaya meningkatkan kesehatan warga. Pemeriksaan ini rutin dilakukan setiap seminggu sekali.

Manajer Umum Koperasi Tamanmartani Sejahtera, Maimunah, dijumpai Cendana News, Selasa (1/12/2020) – Foto: Jatmika H Kusmargana

“Dengan pengecekan kesehatan langsung ke rumah-rumah seperti ini, kondisi kesehatan warga khususnya para lansia bisa terkontrol. Karena para lansia merupakan kelompok masyarakat rentan. Mereka pasti akan kesulitan jika harus berangkat sendiri ke Puskesmas atau Rumah Sakit. Sehingga langsung kita datangi,” katanya, Selasa (1/12/2020).

Jika nantinya, ada warga lansia yang kondisi kesehatannya memburuk, pihak koperasi sendiri akan membantu mengarahkan untuk dibawa ke puskesmas atau rumah sakit terdekat. Pihak koperasi memfasilitasi mereka dengan menyiapkan sarana transportasi berupa ambulance desa untuk memudahkan proses tersebut.

“Di Desa Tamanmartani ini ada sekitar 75 lansia. Dari jumlah itu sekitar 50 lansia rentan mengalami gangguan kesehatan atau sakit. Bahkan ada beberapa yang sudah tidak bisa apa-apa karena kondisi kesehatannya yang buruk. Karena itu koperasi berupaya membantu mereka. Termasuk memfasilitasi mereka agar bisa mendapatkan jaminan kesehatan dari pemerintah,” katanya.

Lihat juga...