Kota Sampang Kembali Dilanda Banjir

Banjir luapan Sungai Kalikamoning menggenangi Kota Sampang, Madura, Jawa Timur, Minggu (13/12/2020) – Foto Ant

SAMPANG – Warga di tiga kelurahan dan empat desa, yang ada di Kecamatan Kota Sampang, Jawa Timur, rumahnya kembali dilanda banjir akibat luapan Sungai Kalikamoning pada Minggu (13/12/2020).

“Warga empat desa terdampak banjir pada banjir susulan kali ini. Yaitu warga di Desa Pangilen, Banyumas, Kamuning, dan Gunung Maddah. Sedangkan tiga kelurahan lainnya adalah Kelurahan Rongtengah, Dalpenang, dan Kelurahan Gunung Sekar,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sampang, Anang Joenaidi, Minggu (13/12/2020).

Hingga pada Minggu (13/12/2020) sore sekira pukul 15.00 WIB, ketinggian genangan banjir di sejumlah titik di wilayah kota rata-rata antara 10 hingga 30 sentimeter (cm). Hal tersebut terpantau terjadi di Jalan Imam Bonjol, Jalan Bahagia, Jalan Garuda, dan Jalan Pemuda Baru.

Anang menjelaskan, banjir susulan terjadi karena hingga kini di hulu sungai, yakni di daerah utara Sampang, turun hujan dengan instensitas sedang hingga deras. Banjir pertama di Kota Sampang terjadi mulai Rabu (9/12/2020) hingga Jumat (11/12/2020).

Banjir disebabkan luapan Sungai Kalikamoning, karena mesin pompa penyedot banjir bantuan Pemprov Jatim rusak. Pada banjir pertama itu, sebanyak enam kelurahan dan tiga desa di Kota Sampang, tergenang banjir. “Kalau pada banjir susulan kali ini hanya tiga kelurahan, lebih kecil dari yang pertama,” pungkas Anang. (Ant)

Lihat juga...