KPK Konfirmasi PPK Kemensos Terkait Bansos Covid-19 Jabodetabek

Pelaksana Tugas Juru Bicara KPK Ali Fikri.-Ant

JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengonfirmasi Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) di Kementerian Sosial (Kemensos), Matheus Joko Santoso (MJS), soal program bantuan sosial (bansos) sembako Covid-19 untuk wilayah Jabodetabek.

KPK pada Kamis (17/12) telah memeriksa Matheus sebagai saksi dalam penyidikan kasus suap berupa penerimaan sesuatu oleh penyelenggara negara atau yang mewakilinya di Kemensos, terkait bantuan sosial untuk wilayah Jabodetabek 2020 dengan tersangka Mensos Juliari P Batubara (JPB) dan kawan-kawan.

“MJS diperiksa sebagai saksi, di mana penyidik mengonfirmasi yang bersangkutan terkait pengetahuan dari saksi selaku PPK, tentang program bansos di Kemensos Tahun 2020, khususnya untuk wilayah Jabodetabek,” kata Pelaksana Tugas Juru Bicara KPK, Ali Fikri melalui keterangannya, di Jakarta, Jumat (18/12/2020).

Matheus juga salah satu tersangka dalam kasus tersebut, namun penyidik memeriksanya dalam kapasitas sebagai saksi.

Ali juga mengatakan pada Rabu (16/12), penyidik telah memeriksa Harry Sidabuke (HS) dari unsur swasta. Seperti halnya Matheus, Harry salah satu tersangka kasus tersebut, namun KPK memeriksanya juga sebagai saksi.

“Sebelumnya, Rabu (16/12), HS juga diperiksa sebagai saksi. Penyidik menggali pengetahuan yang bersangkutan terkait pelaksanaan paket pekerjaan proyek bansos di Kemensos Tahun 2020, yang antara lain juga dikerjakan oleh yang bersangkutan,” kata Ali.

Lihat juga...