Lapangan Saburai Bandar Lampung, Favorit Warga Berolahraga

Editor: Koko Triarko

LAMPUNG – Pandemi Covid-19 membuat kesadaran masyarakat akan pentingnya olah raga meningkat. Berbagai kegiatan olah raga pun dilakukan masyarakat di Bandar Lampung, dan Lapangan Saburai di kota itu menjadi salah satu lokasi favorit.

Andi, salah satu warga Tanjung Karang, Bandar Lampung, menyebut pola hidup sehat dilakukan dengan aktivitas fisik minimal 30 menit. Selama pandemi Covid-19,olah raga menjadi cara untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Lokasi alternatif kegiatan olah raga yang disukai Andi erada di Lapangan Saburai, Enggal, Bandar Lampung. Area lapangan yang dilengkapi dengan rumput sebagian diaspal, memudahkan warga melakukan berbagai aktivitas olah raga. Peralatan outdoor fitness berupa tiang untuk latihan pull down, push up, tersedia. Area yang luas menjadi sarana untuk lari dan jogging.

Bersama teman satu komunitas pecinta olah raga, Andi menyebut latihan dilakukan bersama instruktur. Sejumlah latihan fisik yang dilakukan memakai alat outdoor fitness bertujuan menjaga kebugaran tubuh. Aktivitas olah raga memiliki tujuan positif membakar lemak, meningkatkan sirkulasi darah, dan menyehatkan jantung.

Anisah (kiri) siswa klub inline skate melakukan pemanasan untuk kegiatan latihan rutin di lapangan Enggal, Bandar Lampung, Jumat (18/12/2020). -Foto: Henk Widi

“Bertemu dengan rekan dalam satu komunitas pecinta olah raga, sekaligus memberi aura positif untuk selalu menjaga pola hidup sehat. Sebab, instruktur juga akan memberikan advice terkait makanan dan minuman sehat yang harus dijaga selama masa pandemi,” terang Andi, saat ditemui Cendana News di lapangan Saburai, Bandar Lampung, Jumat (18/12/2020).

Andi menyebut, selain olah raga dengan alat yang disediakan ia juga kerap membawa sepeda. Aktivitas olah raga bersepeda di area lapangan Saburai menjadi kegiatan yang aman dan nyaman. Sebab, lokasi tersebut hanya diperuntukkan bagi aktivitas olah raga tanpa ada kendaraan mobil. Selain nyaman bagi orang dewasa, juga nyaman bagi anak-anak.

Anisah, salah satu anggota klub inline skate, menyebut kegiatan olah raga dipilih untuk mengasah kesimbangan. Sebagai anggota inline skite junior, olah raga tersebut menjadi salah satu jenis kegiatan fisik luar ruangan yang menyenangkan. Sejumlah teknik dasar diajarkan oleh instruktur profesional dari tingkat dasar hingga profesional.

“Lapangan Saburai menjadi tempat latihan favorit, karena sangat luas dan bisa dimanfaatkan untuk inline skite freestyle,” cetusnya.

Selain kelas junior, sejumlah anggota klub kelas dewasa kerap melakukan latihan bersama. Selama pandemi Covid-19, latihan inline skate menerapkan protokol kesehatan. Pecinta olah raga inline skate wajib memakai masker, jaga jarak dan membawa penyanitasi tangan. Latihan dilakukan beberapa kali dalam sepekan secara individu dan kelompok.

Anisah memiliki waktu lebih banyak selama masa belajar dari rumah. Ia bisa berlatih saat pagi dan sore hari di lapangan Saburai. Pendampingan dari orang tua, menjadi salah satu pendorong baginya mencintai olah raga. Sebab, sang ayah yang menyukai olah raga jalan santai memanfaatkan waktu luang dengan olah raga keliling lapangan.

“Sembari menunggu latihan, ayah dan ibu juga kerap melalukan aktivitas olah raga bersama,” cetusnya.

Penyediaan fasilitas oleh Korem 043/Garuda Hitam juga mendukung kegiatan olah raga masyarakat.

Nory, warga Teluk Betung, menyebut aktivitas olah raga menjadi salah satu kegiatan positif untuk meningkatkan stamina tubuh. Aktivitas olah raga jalan santai dilakukan dengan mengelilingi lapangan Saburai hingga beberapa putaran.

Nory yang sebelumnya ikut klub senam aerobik, mengaku sementara waktu kegiatan dihentikan. Sebagai gantinya, ia memilih olah raga jalan kaki. Fasilitas barbel dan petunjuk senam barbel yang tersedia di lapangan Saburai kerap digunakannya. Alat sekaligus petunjuk gerakan sangat membantu baginya untuk melakukan aktivitas fisik.

Lihat juga...