Leeds Atasi Burnley Lewat Penalti Patrick Bamford

JAKARTA — Tendangan penalti Patrick Bamford membawa Leeds United mengatasi Burnley 1-0 dalam laga pekan ke-15 Liga Inggris di Stadion Elland Road, Minggu.

Penalti itu dikonversi menjadi gol oleh Bamford saat pertandingan baru berjalan lima menit setelah ia dijatuhkan oleh kiper Nick Pope ketika berusaha mengendalikan bola umpan jauh.

Tim tamu sempat melakukan selebrasi setelah Ashley Barnes mampu melesakkan bola ke gawang Sheffield pada menit ke-18, tetapi gol itu dianulir sebab wasit Robert Jones meyakini kiper Illan Meslier dilanggar oleh Ben Mee dalam proses serangan.

Leeds memperoleh tiga peluang bagus sebelum turun minum tetapi tembakan Raphinha dan Jack Harrrison masih bisa diamankan Pope, sedangkan sundulan Rodrigo Moreno melambung di atas mistar gawang.

Pada menit ke-71 Pope melakukan penyelamatan gemilang lainnya atas sepakan berbahaya dari Pablo Hernandez.

Sebaliknya, Burnley juga berusaha keras untuk mencetak gol balasan tetapi Meslier mampu menggagalkan dua peluang Barnes dan tendangan bebas Josh Brownhill demi menjaga kemenangan Leeds.

Skor 1-0 bagi Leeds bertahan hingga bubaran, membuat tim besutan Marcelo Bielsa itu memenangi pertemuan perdana kontra Burnley di pentas Liga Premier.

Kemenangan itu membuat Leeds naik ke urutan ke-11 klasemen dengan koleksi 20 poin, sedangkan Burnley (13) tertahan di posisi ke-16, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Kedua tim tak punya waktu panjang untuk beristirahat, sebab pada Selasa (29/12), Leeds akan melawat ke markas West Bromwich Albion sedangkan Burnley menjamu Sheffield United di Turf Moor. [Ant]

Lihat juga...