Lezatnya Oseng Ontong Pisang Pedas Penggugah Selera Makan

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

LAMPUNG — Menikmati kuliner tradisional jadi salah satu cara menikmati akhir pekan. Bahan yang mudah diperoleh pada lokasi pekarangan di antaranya ontong pisang atau jantung pisang sudah lama dikenal sebagai jenis bahan sayuran

Suyatunah, warga Desa Pasuruan, Kecamatan Penengahan, Lampung Selatan menyebut ontong pisang kerap diolah menjadi varian kuliner tradisional. Pilihan yang bisa dibuat meliputi lodeh atau santan dan sayur oseng pedas. 

Bahan pembuatan cukup sederhana. Rempah rempah penghangat badan jadi bumbu utama yang digunakan untuk olahan kuliner tersebut. Bumbu yang wajib disiapkan berupa lengkuas, kemiri, bawang merah, bawang putih, cabai rawit, garam, penyedap rasa dan tambahan ebi.

“Jenis ontong yang kerap digunakan sebagai bahan sayur berasal dari pisang kepok, raja nangka yang memiliki rasa lebih manis dan tekstur lembut. Harus dipilih dari bunga pisang yang telah memiliki buah sehingga bisa dipetik,” terang Suyatinah saat ditemui Cendana News, Sabtu (19/12/2020).

Ontong pisang yang telah dipetik didiamkan selama satu jam menghilangkan getah. Usai getah berkurang lapis demi lapis kulit ontong berwarna merah jantung dibuang.

Suyatinah, warga Desa Pasuruan, Kecamatan Penengahan, Lampung Selatan membersihkan ontong pisang atau jantung pisang untuk diolah menjadi oseng ontong pisang pedas, Sabtu (19/12/2020). Foto: Henk Widi

Warna merah seperti jantung sebagai sebutan ontong yang dibuang selanjutnya diambil pada bagian dalam. Warna putih bersih selanjutnya diiris dadu, tipis tipis atau hanya dicacah tak beraturan. Setelah dicacah agar getah semakin hilang, sebaiknya direndam pada wadah berisi air. Akan lebih bagus perendaman dilakukan pada air hangat setelah dibersihkan.

Lihat juga...