Libur Panjang, Guru Perlu Aktif Ingatkan Siswa tentang Prokes

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

BANYUMAS – Pada libur panjang akhir tahun di tengah pandemi Covid-19, membuat para guru harus tetap aktif mengingatkan siswa untuk menjaga kesehatan dan menerapkan protokol kesehatan (prokes) di lingkungan masing-masing. Peringatan tersebut diberikan melalui grup whats app kelas yang selama ini dijadikan ajang pembelajaran.

“Walaupun libur sekolah, kita tetap rutin mengingatkan banyak hal kepada para siswa, terutama sekali untuk menerapkan protokol kesehatan dan tidak berwisata ke tempat yang ramai,” kata guru Sekolah Dasar Negeri (SDN) Karangdadap, Kecamatan Kalibagor, Kabupaten Banyumas, Dewi Ratnawati, Kamis (31/12/2020).

Menurutnya, libur panjang selama dua minggu ini, tetap harus dijalin komunikasi dengan para siswa. Sebab, mereka harus diberikan pengarahan supaya bisa mengisi waktu libur yang aman dan bermanfaat.

“Kemarin sebelum libur, para siswa sudah kita bekali dengan buku-buku bacaan, baik buku cerita, sejarah dan lainnya, diharapkan selama libur panjang ini, mereka bisa mengisi waktu dengan membaca,” tuturnya.

Masing-masing siswa diberikan pinjaman dua buku untuk dibawa pulang. Dan pada saat mulai aktif belajar nanti, mereka akan diminta untuk menceritakan atau membuat ringkasan isi buku tersebut. Siswa diberikan kebebasan untuk memilih buku yang mereka sukai.

“Sebelumnya, saat pengambilan rapor lalu, kita juga sudah mengingatkan orang tua siswa untuk tidak mengajak anak-anak berwisata secara berlebihan, misalnya sampai ke luar kota atau ke tempat wisata yang ramai dikunjungi orang,” katanya.

Imbauan tersebut diharapkan bisa dilakukan oleh semua siswa dan orang tuanya, sebab hal ini penting untuk mencegah timbulnya klaster liburan di akhir tahun.

Sedangkan untuk kalangan guru, meskipun libur tetap diberlakukan piket di sekolah. Setiap hari minimal ada satu guru yang piket dan datang ke sekolah.

Hal tersebut untuk mengantisipasi jika ada instruksi atau pun informasi terkait kegiatan pembelajaran dari Dinas Pendidikan (Dindik) Kabupaten Banyumas, termasuk jika ada siswa atau wali murid yang ada keperluan untuk datang ke sekolah.

Sementara itu, salah satu wali murid, Anjar Asmara mengatakan, pada libur panjang tahun ini, ia memilih untuk tetap berada di rumah. Supaya anak-anak tidak bosan mengisi liburan, ia berinisiatif untuk mengadakan kegiatan di rumah, seperti mengajak anak untuk memasak bersama, membuat kue, kerja bakti membersihkan rumah dengan diberikan reward atau pun sekedar mengajak makan di ruang terbuka, halaman belakang rumah.

“Kita harus kreatif dan pandai-pandai membuat kegiatan supaya anak senang dan betah di rumah, karena untuk mengajak anak berwisata sekarang ini harus berpikir dua kali,” ucapnya.

Lihat juga...