Logistik Pilkada Daerah Perbatasan di Kapuas Hulu Didistribusikan

KAPUAS HULU – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, mendistribusikan logistik Pilkada Serentak 2020 untuk lima kecamatan daerah perbatasan Indonesia-Malaysia dan dua kecamatan yang berbatasan dengan Kabupaten Sintang wilayah setempat.

“Pendistribusian dilakukan mulai 5-7 Desember 2020, dan untuk hari ini logistik bergeser ke daerah perbatasan,” kata Ahmad Yani, saat pelepasan pendistribusian logistik Pilkada Kapuas Hulu, di Putussibau Ibu Kota Kabupaten Kapuas Hulu, Sabtu.

Disampaikan Yani, untuk kecamatan lokasi pendistribusian Sabtu (5/12) yaitu Kecamatan Embaloh Hulu, Batang Lupar, Badau, Puring Kencana, Silat Hilir, dan Kecamatan Silat Hulu.

“Untuk daerah hulu sungai Kapuas tadi pagi, juga sudah kita distribusikan lebih awal, karena memang harus melewati jalur sungai cukup sulit,” ucap Yani.

Kemudian, pendistribusian 6-7 Desember 2020, akan dilakukan untuk Kecamatan Kalis, Bika, Bunut Hulu, Seberuang, Semitau, Suhaid, Selimbau, Jongkong, Embaloh Hilir, dan Kecamatan Bunut Hilir.

Selanjutnya, Kecamatan Putussibau Selatan, Putussibau Utara, Mentebah, Boyan Tanjung, Pengkadan, dan Kecamatan Hulu Gurung.

“Kami pastikan semua alat kelengkapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kapuas paling lama sehari sebelum pencoblosan 9 Desember 2020, sudah ada di masing-masing Tempat pemungutan suara (TPS) wilayah Kapuas Hulu,” kata Yani.

Sementara itu, Bupati Kapuas Hulu, Abang Muhammad Nasir, memastikan pendistribusian alat kelengkapan Pilkada Kapuas Hulu berjalan aman dan lancar hingga ke TPS.

“Kami menjamin keamanan dan ketertiban pelaksanaan pilkada termasuk tahap pendistribusian logistik, sebab juga melibatkan pengawalan dan pengamanan TNI dan Polri,” kata Nasir.

Ditekankan Nasir, jika ada persoalan atau pun kendala di lapangan segera diselesaikan, jangan sampai mengganggu kelancaran dan kesuksesan pilkada.

Apalagi, kata Nasir, wilayah Kapuas Hulu cukup luas, logistik pilkada harus benar-benar dipastikan tiba di TPS.

“Pilkada serentak itu gawai secara nasional, jadi untuk keamanan, ketertiban dan kelancaran serta kesuksesan pilkada menjadi tanggung jawab kita semua dan pilkada ini mendapat perhatian serius secara nasional,” kata Nasir.

Dia berharap semua pihak hingga lapisan masyarakat mensukseskan pelaksanaan Pilkada Kapuas Hulu dengan aman, lancar damai dan sejuk, serta terhindar dari wabah COVID-19.

Pada Pilkada Kapuas Hulu Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 180.588 jiwa, terdiri dari pemilih laki-laki 92.041 jiwa dan perempuan 88.547 jiwa, yang tersebar di 23 kecamatan, 282 desa/kelurahan dan 805 Tempat Pemungutan Suara (TPS). (Ant)

Lihat juga...