LPEI Salurkan Kredit Modal Kerja Rp9,5 M untuk UKM Berorientasi Ekspor

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

JAKARTA — Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) kembali memberikan kredit modal kerja kepada empat Usaha Kecil Menengah (UKM) berorientasi ekspor sebesar Rp9,5 miliar. Kredit itu disalurkan melalui skema penugasan khusus ekspor.

Direktur Eksekutif LPEI, Daniel James Rompas menyampaikan, pemberian fasilitas pembiayaan tersebut merupakan amanah pemerintah untuk turut membantu Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) sekaligus meningkatkan ekspor nasional.

“Kami sebagai SpecialMissionVehicle mendapat tugas untuk turut mendukung pelaksanaan Program Pemulihan Ekonomi Nasional. Penugasan Khusus Ekspor Pembiayaan UKM adalah salah satu mandat yang kita realisasikan hari ini melalui pemberian pembiayaan kepada UKM berorientasi ekspor. Kami juga bersinergi dengan Kementerian Perdagangan RI dalam rangka peningkatan ekspor tersebut,” James, dalam kegiatan diskusi bertajuk Saatnya UKM Menuju Pasar Global, Selasa (8/12/2020).

Adapun keempat UKM yang mendapatkan pembiayaan tersebut adalah CV Media Mitra Indonesia, dengan nilai Rp500 Juta. UKM asal Pasuruan yang bergerak di bidang ekspor kapuk ini sebelumnya merupakan peserta program Coaching Program for New Exporter (CPNE) yang mampu naik kelas hingga mendapatkan pembiayaan.

“Selain itu, supplier udang untuk PT Panca Mitra Multiperdana (Bapak Supriyono) yang berlokasi di Banyuwangi mendapat pembiayaan senilai Rp3 miliar. Lalu CV Cocoon Asia, UKM asal Bantul mendapatkan pembiayaan senilai Rp3,5 miliar untuk mendukung kegiatan usaha yang bergerak di bidang furniture. Terakhir adalah CV Arezou UKM asal Solo yang bergerak di bidang wood wall panel dengan nilai pembiayaan Rp 2,5 miliar,” ungkap James.

Lebih lanjut James menegaskan, bahwa pemberian fasilitas pembiayaan modal kerja kepada UKM dengan skema penugasan khusus ini dilakukan berdasarkan Keputusan Menteri Keuangan RI No.372/KMK.08/2020 tentang Penugasan Khusus Kepada Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia dalam Rangka Mendukung Sektor Usaha Kecil dan Menengah Berorientasi Ekspor.

Lihat juga...