Manfaatkan Pekarangan Untuk Budi Daya Rempah Bumbu

LAMPUNG – Rempah-rempah berupa bumbu menjadi kebutuhan wajib dalam setiap pembuatan masakan. Bahkan, juga jamu atau herbal. Sementara budi daya tanaman bumbu cukup mudah dilakukan, sehingga banyak warga di Lampung Selatan membudidayakannya di pekarangan rumah dan di kebun.

Rudi, salah satu warga Desa Kelaten, Kecamatan Penengahan, menanam beragam tanaman bumbu di pekarangan rumah dan kebun, berupa lengkuas, kencur, kunyit, jahe, cabai rawit. Mudahnya budi daya tanaman bumbu dilakukan dengan kombinasi lahan pekarangan dan polybag. Tanaman bumbu bisa digunakan untuk kebutuhan keluarga dan sebagian dijual.

“Berbagai jenis tanaman bumbu mudah dikembangkan. Sekali menanam bisa memperbanyak tanaman. Jenis tanaman bumbu berwujud rimpang meliputi jahe, kunyit, kencur, temulawak, lengkuas, bisa diperbanyak dengan mudah. Perbanyakan vegetatif memakai akar rimpang memudahkan memperbanyak tanaman,” terang Rudi, saat ditemui Cendana News, Senin (21/12/2020).

Lengkuas digunakan sebagai bumbu oleh Suyatinah, warga Desa Pasuruan, Kecamatan Penengahan, Lampung Selatan, sebagian dijual ke pengepul tanaman bumbu, Senin (21/12/2020). -Foto: Henk Widi

Rudi menjelaskan, sebagian tanaman bumbu yang dikembangkan dengan memakai biji dibeli dari toko pertanian, agar mendapatkan bibit berkualitas, seperti jenis cabai caplak, cabai rawit, dengan proses penyemaian lalu dipindah ke polybag untuk memudahkan perawatan.

Menurut Rudi, budi daya tanaman bumbu memiliki manfaat ganda. Sebagian tanaman yang dibudidayakan di lahan sekaligus menjaga estetika pekarangan rumah. Kebutuhan bumbu yang kerap harus membeli di pasar, bisa diperoleh dari pekarangan lebih cepat. Saat hasil panen melimpah, pengepul bumbu membeli hasil panen miliknya. Hasil ratusan ribu rupiah bisa diperolehnya sekali panen.

Ia mengatakan, tanaman yang kerap dibeli sebagai bahan bumbu, yaitu serai, lengkuas, dan kunyit. Setiap dua pekan, pengepul tanaman bumbu akan mendatangi rumahnya. Proses pemanenan dengan menyisakan sebagian tanaman akan memberi peluang untuk tumbuhnya tanaman baru. Sekali dibudidayakan, jenis tanaman bumbu akan selalu memberi hasil.

Lihat juga...