Menikmati Lezatnya Sayur Tumis Sawi Labu Siam

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

MAUMERE – Menikmati sayur yang biasa dihidangkan di rumah-rumah warga yang ada di Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT) merupakan salah satu kenikmatan tersendiri.

Rata-rata sayur yang dihidangkan terbuat dari bahan-bahan yang mudah diperoleh di kebun maupun dibeli di pasar tradisional dengan racikan bumbu ala kadarnya seperti sayur tumis sawi labu siam.

“Bahan-bahannya mudah didapat di kebun maupun dijual di pasar tradisional sehingga mudah untuk diperoleh. Saya paling suka menyantap sayur tumis labu siam ini,” ucap Helena Lodan, warga Kota Maumere yang ditemui di Pasar Alok, Maumere, Kabupaten Sikka, NTT,  Sabtu (12/12/2020).

Helena mengaku sedang membeli sayur labu siam yang dijual 4 buah seharga Rp5 ribu untuk ukuran sedang dan ada yang menjualnya 10 buah Rp10 ribu untuk ukuran sedang.

Dia akui, hampir semua warga Kabupaten Sikka pasti akrab dengan sayur labu siam apalagi untuk desa-desa yang berada di dataran tinggi. Sayuran ini banyak sekali terdapat di kebun bahkan di pekarangan rumah.

“Untuk memasak sayur labu siam pun sangat mudah. Bumbu-bumbu yang dipergunakan juga mudah didapat di pasar dan rasanya pun tidak terlalu mengecewakan,” ungkapnya.

Warga Kota Maumere lainnya, Maria Magdalena, saat ditemui di rumahnya mengaku, sesekali  memasak sayur labu siam yang ditumis dengan mencampur bersama sayur sawi.

Lihat juga...