MotoGP Mandalika Diestimasikan Ditonton 160 Ribu Orang

Kepala Operasi The Mandalika, I Made Pariwijaya, bersama Kepala Kontruksi The Mandalika, Ari Joko Santoso, saat memberikan keterangan pers kepada wartawan – Foto Ant

LOMBOK TENGAH – Estimasi jumlah penonton yang menyaksikan MotoGP di sirkuit Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat pada 2021, diperkirakan mencapai 160 ribu orang.

“Perkiraan kita jumlah penonton mencapai 160 ribu orang, tetapi dengan catatan bahwa COVID-19 berakhir, namun kalau pandemi masih berlangsung kita perkirakan di angka 114 ribu orang,” kata Head Operational The Mandalika, Made Pariwijaya, di pantai Kuta, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Kamis (17/12/2020).

Jumlah penonton tersebut dihitung selama tiga hari perhelatan MotoGP digelar, dengan rincian 40 persen penonton lokal dan selebihnya berasal dari luar atau wisatawan mancanegara. Karena itu, dengan jumlah penonton tersebut, membutuhkan penyediaan kamar hotel yang cukup banyak.

Sementara ketersediaan kamar sesuai data PHRI di wilayah NTB hanya tersedia 14 ribu kamar. Untuk mengantisipasi kekurangan kamar, pihak ITDC akan menyiasati dengan lokasi camping ground, desa wisata untuk penyediaan home stay. Dan berkoordinasi dengan PT Pelni untuk menyediakan penginapan terapung menggunakan kapal yang di sulap menjadi penginapan. “Kebutuhan kamar kita memang belum memadai, jadi nanti ada camping ground, desa wisata dan kita berkordinasi dengan Pelni nanti untuk menyiapkan kapal terapung,” ucapnya.

Lihat juga...