Musim Penghujan, Petani Anggur Bantul Waspadai Serangan Hama Lalat Buah

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

YOGYAKARTA — Sejumlah petani di kampung anggur Plumbungan, Sumbermulyo, Bambanglipuro, Bantul, Yogyakarta mengeluhkan serangan hama lalat buah yang menyerang tanaman mereka. Serangan mengakibatkan kebusukan pada anggur mereka.

Salah seorang petani anggur, Tono, menyebut munculnya serangan hama lalat buah itu terjadi sejak beberapa waktu terakhir, menyusul semakin tingginya intensitas hujan di wilayah Yogyakarta dan sekitarnya, terhitung semenjak akhir bulan November kemarin.

“Sejak musim hujan ini banyak hama lalat buah yang menyerang. Karena memang saat musim penghujan hama lalat buah berkembangbiak dengan cepat,” katanya Senin (14/12/2020).

Akibat serangan hama lalat buah tersebut, anggur milik para petani diketahui rusak, meski telah siap panen. Persentasi kerusakan diperkirakan mencapai 30–40 persen, sehingga cukup merugikan para petani.

“Untuk mengatasinya sebenarnya bisa dilakukan dengan dua cara. Yakni dengan cara disemprot menggunakan cairan pestisida, maupun dengan cara alami. Untuk menjaga kualitas buah anggur agar tetap sehat saat dikonsumsi, saya sendiri menggunakan cara kedua,” katanya.

Tono sendiri mengaku memanfaatkan jebakan hama pengganggu tanaman yang ia buat sendiri menggunakan lem serangga. Memanfaatkan botol minuman bekas, perangkap hama lalat buah tersebut di sejumlah titik lokasi tanaman, dimana buah anggur berada.

Lihat juga...