Nahkoda Diingatkan untuk Waspadai Cuaca Buruk di Perairan Belitung

SUNGAILIAT, BANGKA — Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Tanjung Pandan Kabupaten Belitung Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengingatkan semua nahkoda kapal untuk mewaspadai cuaca buruk di perairan laut Belitung.

“Saya ingatkan seluruh nahkoda kapal baik nelayan maupun kapal angkutan jasa lainnya untuk mewaspadai cuaca buruk di perairan laut Belitung karena memasuki angin barat,” kata Petugas Keselamatan Berlayar Penjagaan dan Patroli, KSOP Kelas IV Tanjung Pandan, Harsyah Fadli di Tanjung Pandan, Selasa.

Dia mengatakan angin barat yang terjadi di perairan biasanya disertai angin kencang dan gelombang pasang yang membahayakan terutama kapal nelayan berkapasitas kecil.

Pihaknya mengeluarkan surat edaran peringatan nomor: UM.003/5/16/KSOP.Tpdn 2020 tanggal 6 Desember kepada seluruh nahkoda dan semua pengguna jasa diminta untuk memperhatikan kondisi cuaca dan tidak memaksakan diri dalam berlayar.

“Saat ini kami belum menerbitkan surat edaran larangan berlayar bagi nahkoda kapal namun masih tahap peringataan kondisi cuaca di perairan laut,” katanya.

Lihat juga...