Nasi Mangkok, Menu Enak yang Juga Menyehatkan

Editor: Mahadeva

Nasi mangkok, menu kekinian yang tidak hanya enak namun juga sehat, yang dimasak tanpa menggunakan penyedap rasa atau MSG - Foto Arixc Ardana

SEMARANG – Beragam menu kuliner kekinian bermunculan di tengah masyarakat. Hal tersebut tidak terlepas dari upaya mengakomodir permintaan masyarakat. Seperti kemunculan rice bowl atau nasi mangkok, menu simpel dan praktis, namun tetap dengan mengedepankan cita rasa kelezatan.

Minat yang tinggi dari masyarakat, menjadikan menu tersebut saat ini menjadi andalan berbagai warung makan atau restoran di Semarang. Namun disatu sisi yang perlu dicatat, tidak semua tempat makan tersebut mengedepankan sisi kesehatan dalam sajiannya.

“Saat ini, ada kecenderungan perubahan perilaku masyarakat, sebagian konsumen menginginkan menu makanan dan minuman yang sehat. Sehat dalam artian, makanan atau minuman tersebut, tidak menggunakan bahan pengawet kimia, hingga penyedap rasa MSG atau micin,” papar pengelola Kedai Hokage, Bakhtiar, yang Cendana News di warung makan miliknya, di kawasan wirausaha Unnes, Gunungpati Kota Semarang, Sabtu (5/12/2020).

Pengelola Kedai Hokage, Bakhtiar, saat ditemui di warung makan yang dikelola di kawasan wirausaha Unnes, Gunungpati Kota Semarang, Sabtu (5/12/2020). Foto Arixc Ardana

Menu makanan sehat menjadi fokus usaha yang dikelola Bakhtiar. Termasuk dalam cara penyajian aneka makan dan minuman yang dijajakan, dan nasi mangkok menjadi salah satunya. “Nasi ini dibuat dengan tanpa bumbu penyedap, non MSG atau tanpa micin. Jadi bahan yang digunakan pun sehat, dengan nasi diberi toping atau pelengkap berupa potongan ayam dimasak lada hitam, dengan ditambahkan mayones,” terangnya.

Menu andalan lain adalah smoothies bowl, yaitu bubur buah-buahan yang juga disajikan dalam mangkuk dengan toping taburan granola, biji-bijian, kacang-kacangan, serta potongan buah. “Smoothies menggunakan bahan dasar berupa buah-buahan segar, yang bisa dipilih oleh konsumen. Seperti pisang, buah naga dan mangga. Cara membuatnya pun mudah, buah-buahan yang dipilih, misalnya mangga. Diblender hingga halus, kemudian ditambahkan aneka taburan, mulai dari biji-bijian, kacang-kacangan seperti almond, hingga potongan buah,” jelasnya.

Bakhtiar menyebut, semangkok smoothies mengandung nutrisi yang lengkap dan menyegarkan. Menu tersebut bisa menjadi pilihan, untuk memulai dan mengisi hari. “Bagi yang sedang diet, atau program mengurangi berat badan, smoothie ini juga bisa menjadi pilihan. selain enak, juga sehat untuk tubuh,” lanjutnya.

Salah seorang pembeli, Hendrawan mengaku, dalam memilih makanan dirinya tidak hanya mengedepankan cita rasa, namun juga dari segi kesehatan. “Makan itu tujuannya untuk bisa kenyang, dan memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Maka jika ada makanan yang enak sekaligus juga menyehatkan, itu menjadi sebuah pilihan yang bagus,” terangnya.

Hendrawan mengaku, setiap kali memesan makanan acapkali berpesan kepada pelayan, agar tidak menambahkan penyedap rasa atau MSG. “Jadi ketika ada beragam menu makanan dan minuman, yang mengedepankan kesehatan, termasuk rice bowl hingga smoothies bowl ini, tentu menjadi pilihan saya,” pungkasnya.

Lihat juga...