Nikmatnya Ikan Hada Kuah Asam

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

MAUMERE — Ikan Hada atau Ikan Baronang merupakan ikan air laut yang banyak dijual di pasar tradisional dan Tempat Pendaratan Ikan (TPI) di Kabupaten Sikka maupun Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Salah seorang warga Kelurahan Wairotang, Kota Maumere, Kabupaten Sikka, NTT, Mery Parera saat ditemui di rumahnya, sabtu (19/12/2020). Foto : Ebed de Rosary

Banyak masyarakat di kedua wilayah ini lebih menyukai ikan Hada yang dimasak dengan cara digoreng maupun dibakar karena lebih praktis dalam mengkonsumsinya.

“Memang ikan Hada selain digoreng dan dibakar, rasanya juga enak bila dimasak kuah asam,” kata Mery Parera, Warga kelurahan Waiortang, Kota maumere, Kabupaten Sikka, NTT saat ditemui di rumahnya, Sabtu (19/12/2020).

Mery mengatakan, untuk memasak kuah asam, pertama-tama siapkan bumbu-bumbunya yakni kunyit, bawang putih, bawang merah, jahe, daun sere, merica, lombok dan asam.

Ditambahkannya, kalau tidak ada daun sereh bisa diganti dengan daun kemangi dan usahakan menggunakan asam yang tua atau sudah matang karena rasa kuah asamnya akan lebih enak dibandingkan asam yang masih mentah.

“Pertama-tama bawang putih, bawang merah, daun sereh dan jahe dihaluskan dengan menggunakan cobek atau ulekan. Siapkan merica, lombok dan asam secukupnya sesuai selera,” pesannya.

Mery menyebutkan, ambil ikan Hada dan bersihkan dengan penuh kehati-hatian karena durinya yang tajam akan sangat perih bila mengenai tangan.

Dia menambahkan, potong durinya dibagian sirip yang tajam dengan pisau serta keluarkan isi perutnya terlebih dahulu lalu dicuci hingga bersih.

Sesudahnya, masak air secukupnya di wajan atau panci hingga mendidih lalu masukan bumbu-bumbu yang sudah dihaluskan tersebut dan diaduk hingga merata bumbunya.

“Setelah beberapa menit, masukan asam secukupnya sambil dicicipi untuk memastikan kuah asamnya benar-benar terasa asamnya. Masukan ikan Hada yang sudah dibersihkan tersebut lalu aduk dan biarkan bumbunya meresap di ikan,” terangnya.

Mery menambahkan, beberapa saat kemudian masukan lombok dan garam secukupnya dimana lombok bisa dihaluskan atau dipotong ukuran kecil tergantung selera.

Ia menyebutkan, biarkan sekitar 5 menit agar ikan benar-benar matang lalu angkat dan siap untuk disantap.

“Ikan Hada kuah asam memang enak apalagi sudah matang dan rasa asam benar-benar meresap. Tapi makannya harus hati-hati agar tidak terkena durinya kalau memang masih tersisa di siripnya,” pesannya.

Warga Kota Maumere, Laurens Moa mengaku suka mengkonsumsi ikan Hada apalagi yang berukuran besar dan dimasak kuah asam.

Menurut Laurens, rasa ikannya yang enak membuat harga jual ikan ini pun mahal sekali dan banyak dijumpai dijual pedagang ikan bakar saat malam hari di pinggiran jalan di Kota Maumere.

“Ikan Hada lebih banyak dibakar dan dijual pedagang ikan bakar di sepanjang jalan utama di Kota Maumere saat malam hari. Saya hampir seminggu sekali mengkonsumsinya,” ucapnya.

Lihat juga...