NTT-NTB Sepakat Ajukan Jadi Tuan Rumah PON XXII 2028

KUPANG — Komite Olahraga Nasional Indonesia Nusa Tenggara Timur dan Nusa Tenggara Barat sepakat untuk mengajukan diri menjadi tuan rumah bersama PON XXII yang akan dilaksanakan pada 2028.

“Kami sudah sepakat untuk nanti NTT dan NTB akan menjadi tuan rumah PON XXII 2028 nanti, ” kata Ketua umum KONI NTT Andre Koreh di Kupang, Senin (21/12/2020).

Hal ini disampaikannya terkait hasil rapat terbatas antara KONI NTT dan KONI NTB di salah satu hotel di Kupang yang digelar pada Minggu (20/12) malam.

Rapat tersebut dihadiri dan dipimpin oleh Ketua umum KONI NTB Andy Hadianto dan didampingi Ketua Umum KONI NTT, Andre Koreh serta dihadiri oleh sejumlah pengurus KONI dan Dispora NTT.

Andre mengatakan bahwa sebenarnya wacana soal pengabungan tuan rumah PON XXII 2028 sudah dibicarakan sejak 2019. Bahakan Gubernur NTT Viktor B Laiskodat sendiri juga justru sudah sepakat.

“Beliau meminta agar instansi terkait untuk menyusun grand desain jika memang NTT sendiri ingin menjadi tuan rumah PON di tahun 2028,” tambah dia.

Andre yang pernah menjabat sebagai kadis PUPR NTT itu menambahkan bahwa untuk menjadi tuan rumah, tentu membutuhkan persiapan jauh-jauh hari. Mulai dari pembinaan atletnya, lalu fasilitas dan berbagai hal lainnya.

Lihat juga...