Objek Wisata Bahari Masih Hadapi Persoalan Sampah

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

LAMPUNG — Keberadaan sampah pada sejumlah objek wisata bahari di Lampung Selatan masih jadi persoalan. Selain dibawa ombak saat musim gelombang dan angin kencang, kesadaran pengunjung dan pengelola yang masih kurang diduga sebagai penyebab.

Jesica, pengunjung di pantai Onaria, Desa Tridharmayoga, Kecamatan Ketapang menyebutkan, keberadaan sampah mengakibatkan estetika objek wisata bahari terganggu. Saat gelombang pasang menyapu lingkungan pantai berbagai jenis sampah plastik terbawa ke perairan laut.

“Sampah berserakan mengakibatkan keindahan pantai berkurang apalagi sebagian pengunjung memilih datang ke objek wisata untuk mengambil objek foto yang indah, namun karena ada sampah berpotensi merusak pemandangan,” terang Jesica saat ditemui Cendana News, Minggu (20/12/2020).

Jesica mmenilai, perlu adanya kesadaran pengunjung, pedagang dan pengelola agar masalah tersebut dapat diatasi.

Regen, penyedia jasa penyewaan ban di pantai Onaria menyebut kerap mengingatkan pengunjung membuang sampah pada tempatnya. Saat musim liburan panjang akhir pekan jumlah pengunjung wisatawan yang bertambah ikut mendorong peningkatan volume sampah.

“Persoalan sampah tentunya bukan hanya menjadi tanggung jawab pengelola namun juga pelaku usaha,” terang Regen.

Lihat juga...