Olahan Salad Alpukat, Segar dan Kaya Gizi

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

LAMPUNG – Buah alpukat menjadi salah satu buah paling digemari oleh berbagai kalangan. Olahan buah dengan nama ilmiah persea americana tersebut jadi salah satu buah yang nikmat dijadikan bahan kuliner jus, es buah. Bagi sebagian orang buah alpukat mentega salah satu varian paling disukai. Warna kuning seperti mentega, rasa renyah jadi pilihan menikmati kelezatannya.

Stevani, salah satu penyuka buah alpukat sebagai bahan kuliner menyebut kerap mengolahnya menjadi minuman. Diblender bersama dengan susu, coklat, dan mentega, bisa disajikan sebagai minuman menyegarkan. Proses pengolahan paling sederhana ketika ia membuat menjadi salad. Salad merupakan potongan buah yang dicampur bahan lain untuk menambah cita rasa tertentu.

Salad alpukat mentega sebut warga Bumiwaras, Teluk Betung, Bandar Lampung itu cukup mudah dibuat. Ia kerap membeli buah segar dengan kulit hijau saat ranum. Disimpan beberapa hari tingkat kematangan akan meningkat. Alpukat mentega selanjutnya akan dikupas dan dipotong dadu pada daging buah yang matang.

“Saya memilih buah alpukat mentega dengan tingkat kematangan sedang, belum terlalu lembek sehingga masih mudah dipotong kecil. Lalu diberi campuran gula cair dari gula putih,  gula aren dan keju serta susu kental manis,” terang Stevani saat ditemui Cendana News, Sabtu (5/12/2020).

Proses pembuatan salad buah alpukat mentega sebutnya sangat sederhana. Penyajian simpel membuat ia kerap menjadikan salad buah alpukat mentega sebagai selingan makanan harian.

Salad buah alpukat yang kaya akan lemak dan karbohidrat serta vitamin membuat kuliner tersebut dipilihnya sebagai menu diet. Sebab selain mengenyangkan asupan gizi sudah tercukupi.

Memilih salad alpukat mentega lanjut Stevani, cocok untuk menjaga kondisi saluran pencernaan. Bagi penderita maag buah alpukat mentega bisa membantu kondisi lambung.

Tekstur buah yang lembut, mudah dicerna bisa menjadi alternatif asupan makanan yang kaya gizi. Stok buah alpukat bisa disimpan di lemari pendingin sehingga sajian segar bisa diperoleh.

“Kuncinya jangan menyimpan pada tempat terbuka karena akan lebih cepat matang dan busuk mengurangi kesegaran buah,” cetusnya.

Setelah dikupas dan dicampur dengan susu kental manis, gula putih cair, gula aren ditambah es batu, akan menambah kesegaran. Salad buah alpukat mentega sebut Stevani lebih nikmat ditambah keju dan cairan gula aren.

Sebab kualitas rasa akan semakin lezat dan meminimalisir rasa mual. Namun bagi anggota keluarganya alpukat mentega matang sudah cukup nikmat disantap tanpa campuran apa pun.

Idi Bantara, warga Pahoman Bandar Lampung menyebut, alpukat mentega telah disilangkan dengan alpukat jenis lain. Persilangan melalui proses sambung pucuk atau grafting memungkinkan buah itu bisa menghasilkan varietas yang cepat panen. Buah yang tidak mengenal musim atau berbuah sepanjang tahun jadi bahan kuliner yang digemari.

Idi Bantara, pemilik tanaman buah alpukat mentega di Pahoman, Bandar Lampung kerap mempergunakan buah alpukat sebagai bahan salad dan jus buah, Sabtu (5/12/2020) – Foto: Henk Widi

“Penggunaan alpukat umumnya untuk es buah dan jus, tapi olahan kuliner kekinian kerap memakai alpukat mentega untuk salad buah,” cetusnya.

Salad buah alpukat kerap dikombinasikan dengan apel, buah naga, nangka, mangga. Variasi olahan kuliner berbahan alpukat mentega akan semakin meningkatkan kekayaan kuliner berbahan buah segar.

Selain menanam alpukat mentega ia juga menanam jenis alpukat sipit asia, miki, kendil dan aligator. Buah kelengkeng dan nangka mini yang ditanam juga bisa menjadi campuran salad buah, berbahan utama alpukat mentega.

Lihat juga...