Pakar: Percayakan Keamanan Vaksin Covid-19 kepada BPOM-MUI

YOGYAKARTA — Guru Besar Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FKKMK) Universitas Gadjah Mada Tri Wibawa berharap, masyarakat mempercayakan keamanan dan kehalalan vaksin COVID-19 kepada Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI dan Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Tri Wibawa mengemukakan bahwa masyarakat berhak mencermati aspek keamanan calon vaksin COVID-19 yang bakal disuntikkan pemerintah secara gratis pada 2021.

“Masyarakat memang berhak mencermati. Namun kita percaya pada dua badan ini (BPOM dan MUI, red.),” kata dia di Yogyakarta, Selasa (22/12/2020).

Vaksinasi kepada masyarakat dapat dilakukan apabila sudah ada Emergency Use Authorization (EUA) atau izin sementara dari BPOM dan sertifikasi halal dari MUI.

Ia mengakui bahwa program vaksinasi merupakan salah satu usaha yang dapat ditempuh pemerintah untuk mengakhiri pandemi COVID-19 di Tanah Air.

“Salah satu usaha, di samping usaha lain seperti 3M (memakai masker, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan) dan 3T (tracing, testing, treatment),” kata dia.

Lihat juga...