Pameran Produk UMKM Bantu Tingkatkan Penjualan

Editor: Koko Triarko

YOGYAKARTA – Sejumlah pelaku UMKM di Yogyakarta, antusias mengikuti pameran UMKM Gelar Produk Sibakul bertema “Inspirasi Jogja Istimewa Menembus Batas”, yang diselenggarakan Dinas Koperasi dan UMKM DIY di kantor Dinkop UMIM DIY awal pekan ini. 

Selain menjadi media untuk mempromosikan produk masing-masing, pameran ini juga sekaligus menjadi ajang bagi para pelaku UMKM dalam meng-upgrade skill dan kemampuan menjalankan usaha, khususnya menghadapi situasi pandemi seperti sekarang ini.

Meri (50), warga Depok, Sleman, Yogyakarta, peserta pameran sekaligus pelaku UMKM, Selasa (8/12/2020). –Foto: Jatmika H Kusmargana

Salah seorang pelaku UMKM, Meri (50), warga Depok, Sleman, mengaku sangat terbantu dengan adanya pameran Gelar Produk Sibakul ini. Adanya kegiatan promosi semacam ini, menurutnya jelas akan mampu mendongkrak omzet penjualan usaha. Terlebih bagi pelaku usaha yang tidak memiliki tempat usaha offline seperti dirinya.

“Ya, jelas sangat membantu. Terlebih saya kan selama ini hanya berjualan secara online di rumah, tidak memiliki kios atau toko sendiri. Sehingga adanya pameran semacam ini bisa menambah omzet dari jualan online. Walaupun hanya beberapa hari saja,” katanya, Selasa (8/12/2020).

Digelar selama 6 hari mulai Minggu 6 Desember 2020 hingga Sabtu 12 Desember 2020, pameran ini diikuti sekitar 30 UMKM di DIY, yang merupakan mitra Sibakul Jogja, termasuk di dalamnya UMKM dari para disabilitas. Uniknya, selain pameran offline, para peserta juga bisa meningkatkan penjualan lewat promo secara online menggunakan aplikasi Sibakul.

Digelar secara terbatas dengan memperhatikan skema protokol kesehatan, pameran ini diselenggarakan Dinas Koperasi dan UMKM DIY dengan misi untuk membantu UMKM, agar tetap bisa bertahan di masa pandemi Covid-19 ini. Diramaikan dengan sejumlah kegiatan seperti talk show dan rembug Sibakul, acara ini juga diselenggarakan untuk menyambut Hari Disabilitas, Hari Kesetiakawanan Nasional, dan Hari Ibu yang kesemuanya diperingati setiap Bulan Desember.

Lihat juga...