Lebaran CDN

Pandemi, Komunitas MPM Berbagi Kebaikan di Kota Bekasi

Editor: Makmun Hidayat

BEKASI — Meski sudah memasuki masa new normal sejumlah pihak tetap peduli dengan berbagi kepada masyarakat dengan berbagai cara. Tujuannya hanya satu untuk membantu dalam meringankan beban di tengah deraan kesulitan ekonomi akibat pandemi Covid-19. 

Hal tersebut dilakukan oleh Majelis Peduli Masyarakat (MPM) 1311, Kota Bekasi, Jawa Barat, dengan menebar minyak goreng dalam kemasan kepada para pengendara yang melintas ataupun kepada warga sekitar tempat mereka ngetem. Syaratnya hanya membaca shalawat kepada Nabi Muhammad atau bershalawat.

“Program berbagi pandemi Covid-19, adalah bentuk kepedulian akibat deraan sulitnya ekonomi, karena diketahui banyak korban PHK, dan lainnya. Meskipun sekarang memasuki masa new normal, tapi sejumlah pihak masih kesulitan ekonomi karena menganggur dan lainnya,” ujar Akbar, tim MPM 1311, saat berbagi di Jalan Raya Patriot Jakasampurna, Kota Bekasi kepada Cendana News, Selasa (15/12/2020).

Dikatakan kegiatan tersebut, sudah dilakukan sejak awal pandemi di berbagai lokasi di wilayah Kota Bekasi. Berbaginya pun berbeda-beda bahkan ada fresh money dalam bentuk kejutan, atau berbagi nasi bungkus di jumat berkah dan lainnya bentuk aksi sosial yang dikumpulkan dari para donatur.

Menurutnya, aneka sembako yang dibagikan kepada masyarakat banyak yang disasar lainnya seperti hafidz Quran dan lainnya. MPM 1311 telah tersebar di berbagai wilayah di Indonesia dengan aksi sosial, termasuk wilayah Kota Bekasi.

Pantauan Cendana News di Jalan Patriot, kemasan minyak goreng yang di bawa menggunakan mobil tersebut bertuliskan minyak goreng gratis hanya dengan bershalawat, setiap penerima akan diberikan satu bungkus dengan syarat bershalawat kepada Nabi Muhammad SAW. Hal tersebut hanya dilakukan untuk membumikan shalawat dan menebar kebaikan.

Terlihat, hanya beberapa menit ratus bungkus kemasan minyak goreng tersebut ludes diserbu pengendara yang kebetulan melintas ataupun warga di sekitar tempat mangkal.  Mereka mengantre membacakan shalawat sebelum menerima minyak goreng dalam kemasan tersebut.

Bahkan ada warga non-muslim ikut mengantrie ketika diminta membaca shalawat dia mengaku non-muslim oleh pihak MPM tetap diberi.  “Terima kasih mas, maaf syaratnya itu saya ga tau, karena saya non-muslim,” ujarnya.

Warga lainnya terlihat antusias menerima minyak goreng dalam kemasan, bahkan pedagang gorengan dan pedagang keliling ikut mengantre. Fenomena tersebut cukup menarik perhatian pengguna jalan lainnya.

“Kami, sudah di dua tempat mangkal, pertama di kawasan Galaxi, dengan membawa sekitar 200 bungkus minyak goreng dalam kemasan yang dibagikan secara gratis kepada masyarakat. Syaratnya hanya membaca shalawat,” tambah Akbar mengaku MPM 1311, selama ini fokus di bidang sosial terutama saat aksi bencana, tahfidz dan di masa pandemi Covid-19.

Lihat juga...