Panen Raya, Jakarta Barat Hasilkan Ratusan Kilo Sayur dan Ikan

Pemerintah Kota Jakarta Barat panen sayuran di kawasan Walkot Farm 4.0 Jakarta, Senin (30/11/2020) – Foto Ant

JAKARTA – Pemerintah Kota Jakarta Barat bersama masyarakat, melaksanakan panen serentak, yang menghasilkan ratusan kilo sayur dan ikan. Panen dilakukan dari 40 lokasi budi daya, yang tersebar di wilayah tersebut.

“Hari ini ada 40 titik atau lokasi panen yang tersebar di delapan kecamatan. Total ada 461 kilogram sayuran dan 442 kilogram ikan lele dan nila,” kata Kepala Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Barat, Iwan Indriyanto, Senin (30/11/2020).

Ke-40 titik tersebut di antaranya adalah, Walkot Farm Jakarta Barat, kemudian Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Kalijodo, Kelompok tani (Poktan) GSG 07 Kembangan Utara, MB Fam (Masjid Baitulsalam) Tamansari dan POKDAKAN Mina Usaha Lestari Kalideres.

Iwan mengatakan, panen tersebut merupakan bagian dari kegiatan panen serentak Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP), berkolaborasi dengan Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik (Kominfotik) DKI Jakarta. Jenis sayur yang dipanen di antaranya, caisim, pakcoy, kangkung, bayam, terang, cabai dan sebagainya. Kemudian untuk ikan adalah, jenis lele dan nila. “Hasil panen sayuran , sebagian dijual dan sisanya dibagi bagi, sedangkan ikan rata-rata dijual,” tandasnya.

Senin (30/11/2020), Pemprov DKI Jakarta menggelar panen serentak secara daring, di 228 lokasi yang ada di Ibu Kota. Sebarannya, 56 lokasi di Jakarta Timur, 52 lokasi di Jakarta Utara, 42 lokasi di Jakarta Selatan, 40 lokasi di Jakarta Barat, 31 lokasi di Jakarta Pusat dan enam lokasi di wilayah Kepulauan Seribu.

Lokasi panen tersebut terdiri dari kawasan perkantoran 12 lokasi, kantor polsek satu lokasi, RPTRA 58 lokasi, sekolah dua lokasi dan kelompok tani 154 lokasi. Dengan hasil panen pertanian diperkirakan mencapai 63 ton dan 0,7 ton untuk panen perikanan. (Ant)

Lihat juga...