Lebaran CDN

Pantai Batu Rame Kalianda Hadirkan Jajaran Bentang Alam Bahari

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

LAMPUNG — Kondisi pandemi Covid-19 tidak menghalangi masyarakat untuk berwisata, dan cukup banyak lokasi yang dapat dikunjungi, salah satunya, Pantai Batu Rame yang berada di sisi Barat Kota Kalianda, Lampung Selatan. 

Pantai yang dikenal juga dengan nama lain pantai Ketang menghadirkan pemandangan yang mempesona. Yakni jajaran bentang alam bahari jejak ledakan Gunung Krakatau. Jajaran batu sebagai pelindung menjadikan pantai sebagian menyerupai laguna. Benteng alami membuat pantai sebagian menyerupai kolam.

Ardianti, salah satu pengunjung mengaku wisata alam jadi alternatif menikmati liburan. Sebab selama libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) ia memiliki waktu bersama keluarga.

“Saya dan keluarga bisa melakukan relaksasi dengan mandi air laut yang dipercaya memiliki khasiat untuk menyembuhkan sejumlah penyakit dan kesempatan berkumpul bersama keluarga menikmati liburan Natal,” terang Ardianti saat ditemui Cendana News, Minggu sore (27/12/2020).

Selama berlibur di pantai ia tidak mendapat larangan selama memperhatikan prokes. Ia memilih datang ke lokasi pantai sejak siang menjelang sore. Sebab lokasi yang menghadap ke barat bisa menjadi tempat berburu foto dengan latar belakang matahari terbenam (sunset).

Pengunjung lain, Edi Gunawan menyebut pantai Batu Rame jadi destinasi wisata bahari favorit. Lokasi yang berada di dekat akses jalan kota Kalianda membuat warga bisa memarkir kendaraan di tepi pantai.

Disebutkan, objek wisata bahari alami menjadi lokasi untuk mendapatkan udara segar. Rekreasi ke pantai sekaligus hadiah bagi anak anaknya usai ujian semester sekolah.

Suasana pantai Batu Rame Kalianda, Lampung Selatan masih terlihat ramai jelang senja, Edi Gunawan (kiri) memarkirkan kendaraan di dekat pantai, Minggu (27/12/2020). Foto: Henk Widi

Kunjungan ke pantai Batu Rame sebutnya cukup terjangkau dari segi pengeluaran. Sebab cukup membayar biaya parkir Rp10.000 ia bisa menikmati suasana liburan bersama keluarga. Meski sejumlah objek wisata di Lamsel sebagian telah dilarang melakukan aktivitas namun pantai Batu Rame kerap jadi pilihan masyarakat. Sebab sejatinya pantai tersebut jadi pantai yang bebas dikunjungi siapapun.

Pantai Batu Rame yang dikunjungi wisatawan lokal jadi sumber pemasukan ekonomi bagi pelaku usaha. Robingah salah satu pedagang makanan pecel dan minuman ringan mengaku bisa mendapat untung.

Meski ada kekuatiran keramaian akan dibubarkan ia menyebut berdagang tetap jadi sumber pemasukan. Menerapkan prokes saat di objek wisata bahari sebutnya membuat pengunjung bisa menjaga diri dari Covid-19.

Lihat juga...