Lebaran CDN

Partisipasi Pemilih Pilkada di Rejang Lebong Mencapai 77 Persen

Ilustrasi - Pilkada Serentak 2020 – Foto Ant

REJANG LEBONG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu menyebut, angka partisipasi pemilih dalam Pilkada Serentak 2020 di wilayah itu mencapai 77 persen.

Koordinator Divisi Sosialisasi, Parmas dan SDM KPU Kabupaten Rejang Lebong, Ujang Maman mengatakan, capaian angka partisipasi masyarakat dalam Pilkada Serentak 9 Desember 2020 itu telah melebihi pencapaian pada Pilkada 2015 lalu.

Anggota KPU Rejang Lebong, Ujang Maman – foto Ant

“Alhamdulilah tingkat partisipasi masyarakat Kabupaten Rejang Lebong dalam Pilkada Serentak 2020 tanggal 9 Desember kemarin mencapai 77 persen. Pencapaian ini melebihi pencapaian pada Pilkada tahun 2015 yang hanya 68,22 persen,” ungkapnya.

Meningkatnya angka partisipasi pemilih dalam Pilkada Serentak 2020 di wilayah itu merupakan hal yang positif. Dan menunjukkan kesadaran masyarakat mulai tinggi, untuk menggunakan hak pilih sesuai dengan pilihan masing-masing.

Meningkatnya partisipasi pemilih, selain memperlihatkan peningkatan kesadaran masyarakat, diperoleh karena gencarnya sosialisasi yang dilakukan KPU. Kegiatannya melalui PPK di 15 kecamatan, baik secara langsung maupun oleh perangkat pemerintahan lainnya serta melalui media massa, spanduk, dan baliho. “Sebelumnya kami melakukan sosialisasi kepada masyarakat Rejang Lebong melalui PPK di 15 kecamatan dengan sasaran 10 basis yang ada di dalam masyarakat masing-masing wilayah,” ungkapnya.

Adapun 10 sasaran itu antara lain, kalangan pemilih dengan basis keluarga, basis pemilih pemula, basis pemilih pemuda, basis pemilih perempuan, basis pemilih disabilitas, dan basis pemilih berkebutuhan khusus. Selanjutnya, pemilih dengan basis pemilih marginal, basis pemilih komunitas, basis pemilih keagamaan, dan basis pemilih warga internet atau netizen.

Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Rejang Lebong 2020, diikuti empat pasangan calon. Dalam rapat pleno terbuka rekapitulasi perolehan suara tingkat Kabupaten Rejang Lebong yang digelar KPU Rejang Lebong pada 15 Desember 2020, paslon nomor urut 3, Syamsul Efendi-Hendra Wahyudiansyah tercatat memperolehan suara terbanyak yaitu, 43.540 suara.

Kemudian paslon nomor urut 4 M Fikri Thobari-Tarsisius Samuji sebanyak 37.556 suara. Selanjutnya paslon nomor urut 1 M Faisal-Fatrolazi sebanyak 32.094 suara dan paslon nomor urut 2 Susilawati-Ruswan YS mendapatkan 31.610 suara. (Ant)

Lihat juga...