PBB Nyatakan 27 Desember Hari Kesiapsiagaan Epidemi

NEW YORK — Setahun dalam pertempuran global melawan virus corona, Sidang Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada  Senin (7/12) menyatakan 27 Desember akan menjadi Hari Kesiapsiagaan Epidemi Internasional dalam upaya untuk memastikan pelajaran yang diambil untuk setiap krisis kesehatan di masa depan.

Virus COVID-19 muncul di kota Wuhan di China akhir tahun lalu dan menyebar secara global, sejauh ini menginfeksi lebih dari 66 juta orang dan menewaskan sekitar 1,5 juta orang. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebutnya sebagai pandemi pada Maret, sebuah pernyataan yang dikatakan Amerika Serikat dan negara lainnya datang terlambat.

Majelis Umum yang beranggotakan 193 orang mengadopsi resolusi melalui konsensus pada  Senin yang mengakui kebutuhan “untuk meningkatkan tingkat kesiapsiagaan untuk mendapatkan tanggapan paling awal dan paling memadai untuk setiap epidemi yang mungkin timbul.”

“Mengingat Majelis Umum sebelumnya telah mengumumkan hari-hari internasional yang ditujukan untuk catur, yoga, dan toilet, tampaknya adil jika ada hari internasional untuk epidemi,” kata direktur International Crisis Group UN Richard Gowan.

Lihat juga...