Pelabuhan Patimban-Tanjung Priok Diharap Kurangi Biaya Logistik

JAKARTA – Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, mengatakan pembangunan Pelabuhan Patimban akan mengurangi biaya logistik dan memperlancar arus barang, serta mengurangi beban kendaraan barang di jalan raya, khususnya wilayah Jabodetabek.

“Pelabuhan Patimban yang disinergikan dengan Pelabuhan Tanjung Priok diharapkan dapat mengefisiensikan waktu dan biaya logistik. Khususnya untuk menekan biaya logistik nasional dan meningkatkan efisiensi biaya ekspor produk Indonesia ke luar negeri, salah satunya produk otomotif,” kata Menhub Budi Karya, dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin (21/12/2020).

Presiden RI Joko Widodo pada Minggu (20/12/2020) hadir secara virtual bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, menyaksikan dilakukannya soft launching dan pengoperasian perdana Pelabuhan Internasional Patimban, Subang, Jawa Barat.

Budi Karya mengatakan, dalam proses membangun pelabuhan, selain fokus pada percepatan pembangunan infrastruktur Pelabuhan Patimban, juga memperhatikan aspek ekonomi dan sosial bagi masyarakat sekitar dengan melakukan aksi sosial, dan secara aktif memberikan pelatihan seperti pelatihan kewirausahaan, pelatihan pemberdayaan masyarakat, serta pemberian program keahlian bagi para nelayan sekitar.

Lihat juga...