Pemakaman Umat Kristen di Bekasi Ramai Diziarahi

Editor: Makmun Hidayat

BEKASI — Ziarah kubur di hari raya juga dilakukan umat lainnya di Tanah Air, termasuk Katolik, Kristen, dan lainnya. Di hari Natal sejumlah pemakaman khusus umat Kristen di Kota Bekasi, Jawa Barat ramai dikunjungi.

Hal tersebut seperti terlihat di areal pemakaman Kristen, di Jalan Raya Kampung Sawah, Pondok Melati, sejak pagi tadi ramai dikunjungi peziarah dengan berdoa dilanjutkan menabur bunga.

“Ziarah kubur umumnya buat umat Katolik mungkin ada di saat perayaan Natal. Tapi tidak banyak hanya beberapa saja, karena umumnya di Katolik ziarah kubur secara bersama dilakukan saat hari Paskah,” ujar Matheus Nalih Ungin, Wakil Ketua Dewan Paroki, Kampung Sawah Gereja Katolik Santo Servatius, kepada Cendana News, Jumat (25/12/2020).

Matheus Nalih Ungin, saat dtemui Cendana News, Jumat (25/12/2020). -Foto: M. Amin

Namun demikian imbuhnya, tidak ada larangan ziarah makam di hari Natal bagi umat Katolik. Karena pada intinya ziarah makam bagi umat Katolik hadir untuk mengungkapkan suka cita atas perawatan dan kasih dari orangtua dengan datang dan berdoa di makam.

“Tapi saya tegaskan lagi, secara umum ziarah kubur bagi umat Katolik secara bersama lebih banyak di perayaan Paskah,” tegasnya lagi usai mengikuti Misa Natal.

Pelaksanaan Misa Natal di Gereja Katolik Santo Servatius, Kampung Sawah berlangsung khidmat dan berjalan lancar dalam penjagaan Forkopimda.

Lihat juga...