Pemkab Nagan Raya Telusuri Dugaan Tumpahan Limbah di Sungai

SUKA MAKMUE – Pemerintah Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh, mulai melakukan penyelidikan dugaan pencemaran lingkungan terkait tumpahan limbah ke daerah aliran sungai (DAS) Krueng Tadu, Kecamatan Tadu Raya, kabupaten setempat.

“Penyelidikan ini dilakukan terkait laporan masyarakat terkait dugaan pencemaran lingkungan di aliran sungai,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh, Teuku Hidayat di Suka Makmue, Kamis (10/12/2020).

Guna mengungkap fakta tersebut, pihaknya juga sudah mengambil sampel air di aliran sungai guna dilakukan pemeriksaan di laboratorium DLHK Provinsi Aceh di Banda Aceh.

Teuku Hidayat menegaskan, selain DLHK Nagan Raya, sejumlah pejabat terkait dari Pemerintah Kabupaten Nagan Raya juga sudah turun ke lokasi untuk melakukan pemeriksaan lingkungan.

Namun, pihaknya belum bisa memastikan penyebab dugaan pencemaran limbah yang diduga tumpah ke aliran sungai, sehingga pemerintah daerah belum bisa menyimpulkan penyebabnya.

“Kami masih menunggu pemeriksaan sampel air sungai ini,” kata Teuku Hidayat menambahkan.

Namun bila nantinya hasil uji laboratorium tersebut membuktikan sampel air yang diperiksa tersebut terdapat kerusakan lingkungan atau pencemaran limbah, pemerintah daerah tidak segan-segan mengambil tindakan tegas sesuai aturan perundang-undangan yang berlaku terkait lingkungan. (Ant)

Lihat juga...