Pemkab Sukabumi Ajukan 1,4 Juta Warga untuk Mendapatkan Vaksin COVID-19

Vaksin Covid-19 buatan Sinovac yang tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada Minggu (6/12/2020) malam – foto Ant

SUKABUMI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukabumi, Jawa Barat, mengajukan 1,4 juta warganya untuk mendapatkan vaksinasi COVID-19, kepada pemerintah pusat. Berdasarkan informasi yang diterima, kemungkinan vaksinasi bisa terlaksana di Januari 2021.

“Dari 1,4 juta vaksin COVID-19 untuk masyarakat, sasarannya untuk warga yang berusia 18 hingga 59 tahun, karena disesuaikan dengan pengadaan dari pemerintah pusat,” kata Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kabupaten Sukabumi, Andi Rahman, Rabu (16/12/2020).

Menurutnya, untuk jumlah warga Kabupaten Sukabumi totalnya sekira 2,4 juta jiwa. Sehingga masih ada sekira satu juta jiwa sisanya yang juga harus mendapatkan pelayanan vaksinasi COVID-19. Namun demikian, pengajuan yang dilakukan disesuaikan dengan pengadaan dari pemerintah pusat. Meski pemerintah daerah berharap, seluruh warga Kabupaten Sukabumi bisa mendapatkan vaksin tersebut. Sesuai amanat dari pemerintah pusat, vaksinasi COVID-19 diprioritaskan untuk tenaga kesehatan, TNI, Polri, Satuan Polisi Pamong Praja, Aparatur Sipil Negara (ASN), serta peserta BPJS mandiri dan BPJS Penerima Bantuan Iuran (PBI).

Lihat juga...