Pengawasan Prokes Pelabuhan Diperketat Jelang Libur Panjang

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

LAMPUNG — Pengawasan protokol kesehatan di sejumlah pelabuhan di Lampung diperketat jelang libur panjang. Hal tersebut sebagai antisipasi lonjakan arus penumpang yang akan menyeberang dari Sumatera ke Jawa dan sebaliknya.

Suwoyo, Koordinator Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Panjang, Wilayah Kerja Bakauheni, Lampung Selatan di Bakauheni, Jumat (11/12/2020). Foto: Henk Widi

Suwoyo, koordinator kepala Kantor Kesehatan (KKP) Kelas II Panjang wilayah kerja Bakauheni, Lampung Selatan menyebut pengawasan dilakukan pada pelabuhan Panjang, Bakauheni dan Muara Piluk. Personel yang berasal dari Dinas Kesehatan Lampung Selatan akan disiagakan sejak Rabu (23/12/2020) hingga Minggu (3/1/2021).

Suwoyo memastikan tidak ada kewajiban bagi calon penumpang kapal untuk memiliki surat sehat dan rapid test Covid-19. Namun sesuai arahan protokol kesehatan diterapkan pada area pelabuhan dan kapal.

“Potensi jumlah masyarakat yang akan pulang kampung saat cuti bersama hari raya Natal dan libur akhir tahun akan meningkat,antisipasi bidang kesehatan telah dilakukan dengan penyiapan sarana dan prasarana pendukung terutama pelayanan saat libur panjang dalam masa pandemi Covid-19,” terang Suwoyo saat ditemui Cendana News,Jumat (11/12/2020)

Suwoyo bilang kesiapan yang dilakukan telah dikoordinasikan dengan pihak ASDP Bakauheni sebagai pengelola pelabuhan. Selain itu sejumlah operator kapal telah dilakukan sosialisasi terkait pelayanan protokol kesehatan di dalam kapal penyeberangan. KKP selalu lembaga di bawah Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan juga memasang thermo scan di area pelabuhan.

Thermo scan tersebut menurut Suwoyo ditempatkan pada terminal eksekutif Bakauheni. Pemasangan alat bertujuan untuk memindai penumpang yang akan naik ke kapal. Selain alat thermo scan, pada pintu masuk pembelian tiket dermaga reguler petugas disiapkan dengan alat thermo gun.

“Ruangan khusus untuk melakukan observasi dan isolasi bagi penumpang yang memiliki suhu tinggi telah disiapkan,” terang Suwoyo.

Lihat juga...