Pensiunan ini Penuhi Kebutuhan Harian dengan Maksimalkan Pekarangan Terbatas

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

LAMPUNG — Lahan pertanian terbatas tidak halangi warga untuk menanam komoditas pertanian. Sukiman, warga Desa Totoharjo menyebut membudidayakan tanaman pertanian dan budidaya ikan pada lahan pekarangan. Potensi alam lahan di lereng Gunung Rajabasa, Kecamatan Bakauheni, Lampung Selatan jadi peluang untuk bertani.

Pasokan air dari Gunung Rajabasa sebut Sukiman memungkinkan ia bisa bercocok tanam sepanjang musim. Jenis komoditas pertanian yang dibudidayakan berupa singkong, talas, pepaya, singkong, pisang, turi hingga tanaman bumbu jenis laos, kunyit, kencur dan bawang daun serta kolam ikan.

Sukiman menerapkan konsep Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) sejak puluhan tahun silam. Ia juga menerapkan zero waste system dengan pemanfaatan tanaman pertanian untuk pakan ikan. Selanjutnya air untuk budidaya ikan dipergunakan untuk penyiraman tamanan.

“Lahan pekarangan yang saya miliki berbentuk miring sehingga dibuat berundak karena ada pada lahan kaki Gunung Rajabasa, namun saya olah berpetak untuk penanaman jenis tanaman pertanian yang bisa dipanen bertahap untuk kebutuhan harian,” terang Sukiman saat ditemui Cendana News, Senin (14/12/2020)

Pengurangan limbah pertanian bisa diminimalisir olehnya dengan menjadikan sejumlah daun sebagai pakan ikan. Kolam seluas 20 meter persegi terbuat dari bata dan semen jadi lokasi budidaya ikan nila, emas dan gurame. Ikan yang bisa diberi pakan daun talas, daun singkong tersebut juga diberi pakan pelet.

“Panen ikan bisa jadi sumber kebutuhan protein yang mudah diperoleh dari pekarangan dan sekaligus untuk pengisi waktu luang,” ujar pensiunan guru tersebut.

Tanaman talas, singkong, pisang dibudidayakan Sukiman warga Desa Totoharjo, Kecamatan Bakauheni, Lampung Selatan untuk dijual ke pasar dan kebutuhan harian, Senin 14 (14/12/2020). Foto: Henk Widi

Istri Sukiman, Maryati menyebut pekarangan bisa menjadi tempat menanam bunga dan tanaman obat. Pemanfaatan pekarangan untuk tanaman obat sebutnya sebagian memakai pot. Jenis tanaman bunga telang salah satunya merupakan tanaman merambat. Selain itu tanaman kencur, kunyit dan bawang daun yang tidak butuh lahan luas dikembangkannya.

“Pemanfaatan pekarangan untuk komoditas pertanian bertujuan agar kebutuhan harian tidak harus membeli,” ujar Maryati.

Penghematan dari pemanfaatan pekarangan sebutnya cukup besar. Sebab dalam sebulan ia bisa memanfaatkan berbagai jenis tanaman sayuran untuk bahan pangan. Tanpa harus membeli ia masih bisa memenuhi kebutuhan sayuran konsumsi. Selain bisa untuk kebutuhan keluarga sebagian komoditas pertanian kerap dibeli oleh tukang sayur untuk dijual kembali.

Lihat juga...