Penularan Keluarga Dominasi Kasus Covid-19 di Yogyakarta

YOGYAKARTA – Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Yogyakarta, menyebut penularan di dalam keluarga masih mendominasi temuan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di kota tersebut.

“Dari total kasus yang tercatat hingga saat ini, hampir separuhnya adalah kasus penularan di dalam keluarga karena adanya kontak erat. Temuannya dari kontak tracing kasus yang sudah muncul,” kata Ketua Harian Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Yogyakarta, Heroe Poerwadi di Yogyakarta, Kamis (24/12/2020).

Menurut dia, jumlah temuan kasus dalam keluarga pada awal pekan lalu mencapai 279 orang, yang kemudian ditemukan 732 kontak erat yang diketahui terkonfirmasi positif terpapar Covid-19.

Karenanya, Heroe mengingatkan, paparan virus Corona jenis baru itu bisa terjadi di mana saja dan kapan saja, bahkan bisa terbawa hingga ke rumah, kemudian menularkan ke anggota keluarga.

“Saat bekerja atau sesudah bepergian bisa saja terpapar virus. Jika tidak menerapkan protokol kesehatan secara ketat, virus bisa terbawa ke rumah dan menulari keluarga. Ini yang terjadi,” katanya.

Pada akhir-akhir ini, lanjut Heroe, pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 sebagian besar tidak mengetahui dari mana sumber paparannya.

“Yang paling penting, protokol kesehatan saat beraktivitas di luar rumah maupun di dalam rumah,” katanya.

Lihat juga...