Perguruan Tinggi Rentan Terpapar Paham Radikalisme

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

“Jika dibiarkan tentu ini akan sangat berbahaya. Karena kelompok ini telah memiliki kader-kader yang menyusup ke posisi-posisi penting organisasi kemahasiswaan. Sehingga mereka mampu menggerakkan ribuan mahasiswa untuk melakukan sesuatu termasuk aksi demonstrasi dan sebagainya,” katanya.

Salah satu upaya GP Ansor DIY dalam memerangi penyebaran paham radikal di lingkungan kampus tersebut  dengan menyiapkan pemateri-pemateri berwawasan kebangsaan. Yang bertugas mengisi forum-forum yang digelar organisasi kemahasiswaan di kampus-kampus DIY.

“Selama ini kita selalu melakukan pendekatan dan bekerjasama dengan organisasi mahasiswa. Dimana kita menyiapkan Ansor sebagai pemateri-pemateri berwawasan Nusantara. Sebagai penyeimbang ideologi radikalisme di kampus. Ansor hadir di kampus, melalui acara-acara atau forum-forum kemahasiswaan,” katanya.

Diharapkan melalui upaya tersebut, penyebaran paham-paham radikal di lingkungan kampus yang ada di DIY pun dapat diminimalisir. Meskipun hal tersebut harus tetap ditindaklanjuti secara serius dan menyeluruh oleh pihak-pihak terkait, dalam hal ini pemerintah.

Lihat juga...