Perolehan Suara Beda Tipis, Bawaslu Awasi Penghitungan di Sumbawa

Komisioner Bawaslu Rim Rahmat Bagja – Foto Ant

JAKARTA – Bawaslu RI mengawasi penuh, proses penghitungan suara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB), karena perolehan suara kandidat beda tipis.

Kita akan mengawasi penuh itu. Jangan mudah diintervensi sama orang lain,” kata Komisioner Bawaslu RI, Rahmat Bagja, Sabtu (12/12/2020).

Dia mengingatkan, para penyelenggara Pilkada di Kabupaten Sumbawa untuk bersikap profesional dan independen, dalam melakukan proses rekapitulasi suara. Hal itu dikarenakana, selisih perolehan suara yang sangat tipis untuk posisi pemenang pilkada. Sementara adik Gubernur NTB, Zulkiflimansyah ikut berlaga memperebutkan simpati masyarakat. Hal itu disebutnya, bisa menimbulkan potensi intervensi terhadap perhitungan suara.

Bawaslu RI menegaskan, KPUD dan Bawaslu setempat, untuk menindaklanjuti setiap laporan yang diterimanya. Perhitungan suara di Sumbawa, ditegaskan sudah mendapatkan perhatian dari Bawaslu sejak awal.

Bahkan Rahmat menyebut, sempat ada beberapa wilayah di Kabupaten Sumbawa, yang mendapatkan atensi khusus dari Bawaslu setempat. “Iya tetap diproses, bahkan atensi oleh Bawaslu Sumbawa. Adiknya Bang Zul kan? Jadi perhatian,” kata Rahmat Bahja, menyoal keikutsertaan adik Gubernur NTB Zulkiflimansyah, Dewi Noviany, dalam pilkada Sumbawa.

Lihat juga...