Persipura Siap Wakili Indonesia di Ajang AFC Cup 2021

JAYAPURA — Persipura Jayapura selalu siap jika ditunjuk oleh PSSI untuk mewakili Indonesia di ajang AFC Cup 2021, kata asisten manajer klub berjuluk tim mutiara hitam itu, Ridwan Bento Madubun, di Jayapura, Rabu,​​​​.

Bento berharap penunjukkan wakil Indonesia nanti berdasarkan pertimbangan yang masuk akal.

“Kalau PSSI menunjuk dengan pertimbangan yang jelas, kita akan patuhi, dan kalau salah satu yang ditunjuk adalah Persipura sudah pasti kita siap,” ujarnya.

“Kalau benar Persipura yang ditunjuk ya berarti itu rejeki kita, kalau tidak ya belum waktunya. Pada dasarnya kita sangat siap bila ditunjuk oleh PSSI.”

Bento  menyebutkan pihaknya akan menerima dengan legowo dan tak akan keberatan kalau pada akhirnya bukan Persipura yang ditunjuk sebagai wakil Indonesia di turnamen kasta kedua antar klub benua Asia itu.

“Kalau pada akhirnya ada klub lain yang ditunjuk ya sudah pasti kita terima juga, sebagai klub ya kita siap, apalagi sudah lama tidak ada pertandingan, pemain dan pelatih juga pasti senang kalau bisa main di AFC,” ujarnya.

Tim berjuluk Mutiara Hitam itu masuk dalam daftar tujuh klub kandidat wakil Indonesia yang akan berlaga di ajang AFC Cup 2021, berdasarkan hasil verifikasi klub profesional AFC yang diterbitkan berapa waktu lalu. Selain Persipura, ada Bali United, Arema, Borneo FC, Persija Jakarta, Persib Bandung dan Bhayangkara Solo FC.

Hanya saja, jika berkaca pada hasil klasemen akhir kompetisi Liga 1 2019 lalu, Boaz Solossa dan kolega pantas mewakili Indonesia. Persipura Jayapura kala itu finis di peringkat ketiga di bawah Bali United dan Persebaya Surabaya.

Sementara itu, Pelatih Persipura Jayapura Jacksen Tiago mengaku rindu membawa timnya kembali ke pentas Asia. Hal ini disampaikan menyusul adanya peluang Persipura untuk berlaga di turnamen AFC Cup 2021.

Jacksen teberharap bisa meloloskan Persipura kembali ke turnamen kasta kedua antar klub benua Asia itu.

“Yang saya bisa sampaikan adalah bahwa kami semua punya harapan membawa Persipura untuk bisa berkompetisi di level Asia kembali,” kata Jacksen.

Ia menambahkan, sudah sepantasnya Persipura bermain di level asia jika merujuk pada kesiapan fasilitas yang dimiliki oleh Papua saat ini.

“Kita bisa lihat sekarang, kita punya dua stadion megah yang berstandar International di Jayapura,” ujarnya. (Ant)

Lihat juga...