Petahana di Gunungsitoli dan Semarang Ungguli Kotak Kosong

Proses rekapitulasi Pilkada Gunungsitoli oleh KPU Gunungaitoli – foto Ant

GUNUNGSITOLI – Pasangan petahana, Lakhomizaro Zebua dan Sowa’a Laolim memperoleh sebanyak 47.546 suara, dan berhasil mengungguli kotak kosong, yang hanya memperoleh 12.271 suara pada Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Gunungsitoli 2020.

“Perolehan suara tersebut ditetapkan pada rapat pleno terbuka rekapitulasi dan penetapan hasil penghitungan suara Pilkada Gunungsitoli, ” kata Ketua KPU Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara, Firman Novrianto Gea, Rabu (16/12/2020).

Ia mengatakan, rekapulasi yang dilakukan pada Rabu (16/12/2020) hanya proses penghitungan suara tingkat KPU, dan bukan penetapan pemenang. “Setelah penetapan suara tingkat KPU, diberikan kesempatan selama tiga hari, bagi pihak yang ingin mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi, “katanya.

Firman menyebut, rangkaian rekapitulasi di tingkat Tempat Pemungutan Suara (TPS) dan tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) sudah dilalui tanpa ada halangan. “Kelancaran dan kesuksesan Pilkada di Kota Gunungsitoli kami akui, bukan hanya keberhasilan KPU dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), sebagai penyelenggara, tetapi keberhasilan seluruh masyarakat Kota Gunungsitoli,” tandasnya.

Lihat juga...