Pindang Kembung Rempah, Cocok Disajikan Kala Penghujan

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

LAMPUNG — Hujan dengan curah tinggi yang melanda wilayah Lampung dengan suasana dingin membuat kuliner dengan memiliki kandungan rempah di dalamnya jadi pilihan. Seperti olahan boga bahari atau seafood dengan campuran bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai hijau, kunyit dan jahe.

Nory, salah satu warga Bumiwaras, Teluk Betung, Bandar Lampung memilih olahan ikan kembung seperti Pindang rempah dengan resep olahan yang diperolehnya dari warisan orangtua yang tinggal di pesisir pantai. Sebagai penambah kesegaran juga disertakan serai, jeruk nipis, kemangi dan tomat.

“Berbagai jenis bumbu rempah tersebut memiliki sifat menghangatkan tubuh sehingga sangat cocok disajikan kala musim penghujan, sekaligus penggugah selera yang dihidangkan dengan memakai nasi hangat,” terang Nory saat ditemui Cendana News di Teluk Betung, Sabtu (26/12/2020).

Ikan kembung akan dibersihkan bagian tubuh dengan membuang kotoran. Ia memilih ikan kembung ukuran sedang agar tidak perlu melakukan pemotongan. Selesai menyiapkan ikan, proses pembuatan bumbu dilakukan dengan menghaluskan memakai cobek batu.

“Semua bumbu yang disiapkan selanjutnya akan direbus dengan air mendidih memakai panci dengan api kompor sedang,” terang Nory.

Setelah mendidih ikan kembung bisa dimasukkan. Tambahan air jeruk nipis, serai yang digeprek, irisan tomat dan garam dimasukkan dalam panci. Proses mematangkan ikan kembung butuh waktu sekitar 30 menit dengan api sedang. Agar aroma lebih harum diberikan tambahan daun kemangi saat ikan matang.

Pembersihan ikan kembung yang akan digunakan sebagai olahan pindang rempah oleh Nory, warga Bumiwaras, Teluk Betung, Bandar Lampung, Sabtu (26/12/2020). Foto: Henk Widi

Agar rasa sajian pindang semakin mantap ia kerap menaburkan bubuk lada saat akan disantap. Pelengkap sajian pindang kembung akan semakin menggugah selera dengan adanya tambahan sambal kecap. Sambal tersebut dibuat dari irisan cabe, bawang merah penyedap rasa dan kecap.

“Sambal kecap bisa dituangkan pada bagian daging kembung untuk penguat rasa dan penghangat badan melalui kuahnya,” bebernya.

Marniati, salah satu pedagang ikan laut segar menyebut ikan kembung sate jadi salah satu favorit bagi konsumen. Jenis ikan tersebut kerap digunakan untuk disajikan dengan cara digoreng atau dipepes. Pengolahan dengan cara dibuat pindang kerap dilakukan saat musim penghujan. Ia menjual ikan kembung sate dengan harga Rp50.000 per kilogram.

Harga ikan kembung sate sebagai bahan kuliner boga bahari sebutnya semakin meningkat. Sebab sesuai dengan tren masyarakat kebutuhan ikan banyak digunakan untuk pembuatan pempek, tekwan serta dibakar

Lihat juga...