Polres Lamsel Antisipasi Puncak Arus Balik Tahun Baru

Editor: Koko Triarko

LAMPUNG – Satuan Polisi Lalu Lintas (Satlantas) Polres Lampung Selatan melakukan berbagai upaya, untuk mengantisipasi terjadinya arus balik tahun baru 2020-2021.

Kasatlantas Polres Lamsel, AKP Edwin Jaya, menyebut sebelumnya pelayanan arus balik libur Natal telah dilakukan tanpa adanya kejadian menonjol. Arus kendaraan roda empat, roda dua asal Sumatra ke Jawa dan sebaliknya dengan kapal ferry berjalan lancar.

Ia menjelaskan, Satlantas Polres Lamsel telah menyediakan posko keamanan dan posko layanan di sejumlah titik di ruas Jalan Lintas Sumatra (Jalinsum) hingga pintu masuk pelabuhan Bakauheni. Antisipasi terjadinya penumpukan kendaraan motor dan mobil di pintu masuk pelabuhan Bakauheni telah dilakukan sejumlah rekayasa lalu lintas. Langkah itu bertujuan memperlancar perjalanan masyarakat.

Kasatlantas Polres Lampung Selatan ,AKP Edwin, di pintu masuk pelabuhan Bakauheni, Senin (28/12/2020). -Foto: Henk Widi

AKP Edwin Jaya menyebut, koordinasi dengan ASDP selaku penyedia layanan pelabuhan penyeberangan telah dilakukan. Penyiapan sejumlah loket tambahan untuk pemindaian (scan) tiket elektronik kendaraan disiapkan. Sebanyak 7 unit loket tiket kendaraan ditambah 4 unit di area dermaga satu. Enam unit loket di terminal eksekutif disediakan tetap tanpa ada tambahan.

“Penambahan loket tiket yang dilakukan oleh pihak ASDP sekaligus sosialisasi, agar pengguna jasa yang akan menyeberang menggunakan kapal telah membeli tiket memakai aplikasi, agar saat tiba di pelabuhan Bakauheni tidak harus mengantre di pintu masuk pelabuhan Bakauheni,” terang AKP Edwin Jaya, saat ditemui Cendana News di pintu masuk pelabuhan Bakauheni, Senin (28/12/2020).

Selain koordinasi dengan ASDP Indonesia Ferry, AKP Edwin Jaya bilang atensi dari Ditlantas Polda Lampung telah dilakukan. Di antaranya dengan pendataan manifest penumpang kapal dari Merak tujuan Bakauheni. Pendataan dilakukan agar antisipasi kepadatan di pintu keluar pelabuhan dan Jalinsum bisa dilakukan.

Lihat juga...